alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral! Video Personel Polres Singkawang Menggunakan Bahasa Hakka Warganet Turut Beri Klarifikasi

Bella Kamis, 13 Januari 2022 | 14:19 WIB

Viral! Video Personel Polres Singkawang Menggunakan Bahasa Hakka Warganet Turut Beri Klarifikasi
Personel Polres Singkawang lakukan penyuluhan dan sosialisasi kamtibmas/istimewa

Video itu diunggah akun twitter @Presidendungu yang menyertakan pertanyaan terkait video tersebut.

SuaraKalbar.id - Sebuah video yang menayangkan Anggota Polres Singkawang menggunakan Bahasa Hakka saat menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) viral di media sosial.

Video tersebut diunggah melalui akun twitter @presidendungu yang menyertakan keterangan, mempertanyaan video tersebut pada Rabu (12/1/2022).

Aparat POLRES SINGKAWANG sudah gunakan Bahasa China, Apa harus begini nasib bangsa kita ini. Bukannya bahasa Nasional Indonesia.. malah diganti dengan *bahasa Mandarin*... Sudah kacau negara ini atau sudah melupakan PESAN atau PENGAKUAN Sumpah Pemuda.? Piye Pa,” tulis dalam keterangan video yang diunggah.

Video itupun mendapatkan beragam respon dari warganet, sebagian memberi penjelasan bahwa Kota Singkawang memang didominasi oleh masyarakat Tionghoa.

Baca Juga: Pacar Sidang Dadakan, Cowok Rangkai Mahkota Bunga Sendiri, Hasilnya Bikin Melongo

"Di Singkawang itu lebih dari 60 persen penduduknya ya warga turunan Tionghoa yang bahasa harian mereka ya bahasa leluhur mereka, Walikotanya ya Tionghoa, kalau mau tahu Negara Republik pertama di Nusantara ya Republik Lamfang di Monterado Singkawang, tidak membela tapi itu realitanya,” tulis akun @ Ceng*****.

Betul yang ada katakan, Bahasa di Singkawang itu rata-rata mereka Menggunakan Bahasa China (Tionghoa), sedikit sekali yang ngerti bahasa Indonesia. Hal itu sudah lama, sebelumnya,” sahut akun @orang*************.

Sebelumnya, dijelaskan Kasat Binmas Polres Singkawang Iptu Supiyanto, bersama anggotanya dengan menggunakan Mobil Penyuluhan Binmas melaksanakan penyuluhan keliling.

Tujuannya untuk mensosialisasikan protokol kesehatan dan program Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Kota Singkawang pada Selasa ( 04/01/2022) lalu.

Kegiatan penyuluhan keliling dilaksanakan di dua lokasi di Kota Singkawang, yakni di Komplek Pasar Turi, Jalan Sama–sama, Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat serta di Jalan Sempalit Kelurahan Sijangkung Kecamatan Singkawang Selatan.

Baca Juga: Gadis Bantargebang yang Viral dengan Video Part Of My Life Bakal Kolab dengan Nikita Mirzani atau Nagita Slavina?

Penyuluhan polisi yang mengimbau dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Singkawang dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Hakka itu disampaikan Anggota Binmas Polres Singkawang Bripka Mernawati.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait