facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada Angin Puting Beliung Lakukan 3 Hal Ini untuk Meminimalkan Bahaya

Bella Selasa, 18 Januari 2022 | 10:10 WIB

Waspada Angin Puting Beliung Lakukan 3 Hal Ini untuk Meminimalkan Bahaya
Ilustrasi angin topan dalam citra satelit. [Shutterstock]

Sebelum kejadian, ada baiknya melakukan langkah antisipasi atau pencegahan terlebih dahulu

SuaraKalbar.id - Angin puting beliung memporak porandakan beberapa bangunan rumah warga di Kelurahan Banjar Serasan Kota Pontianak, Minggu (16/1/2022).

Tercatat lebih dari 30 rumah yang terdampak baik rusak ringan maupun berat akibat peristiwa itu. Selain bangunan rumah warga, juga terdapat sekolah yang terkena angin puting beliung.

Oleh sebab itu, warga khususnya yang berasa di wilayah rawan bencana serupa diminta untuk waspada.

Jika menghadapi situasi tersebut, maka lakukan 3 tips berikut ini yang dkutip dari laman Kementrian Kesehatan RI:

Baca Juga: Sepanjang 2021 Tercatat 1.283 Bencana di Kabupaten Bogor

1. Update prakira cuaca yang dirilis BMKG

Sebelum kejadian, ada baiknya melakukan langkah antisipasi atau pencegahan terlebih dahulu. Memasuki masa pancaroba yang menjadi salah potensi timbulnya angin puting beliung, sebuah langkah pencegaha yang dapat dilakukan seseorang sebelum melakukan aktifitas di luar rumah ataupun di area rumah, ada baiknya memperhatikan dan menyimak prakiraan cuaca. Di jaman serba canggih seperti sekarang ini, kamu dapat menemukan informasi cuaca lewat beragam aplikasi yang ada di smartphone.

2. Mencari perlindungan

Seringkali saat terjadi bencana, kita malah sibuk merekam kejadian tersebut, hingga mengabaikan keselamatan. Padahal, jika terjadi bencana sebaiknya segeralah mencari tempat berlindung yang aman.

Sebenarnya, tempat aman yang dapat dijadikan sebagai sebuah tempat untuk berlindung dari angin puting beliung adalah Bunker. Namun jika anda berada di dalam rumah, pusat perbelanjaan, rumah sakit atau tempat – tempat lain yang tidak memiliki Bunker, segera evakuasi diri ke tempat rendah seperti Basement atau lantai pertama dari bangunan tersebut. Hindari untuk mendekati sudut ruangan atau jendela dan pintu terluar dari bangunan.

Baca Juga: Dua Wilayah Kecamatan di Temanggung Dilanda Angin Ribut

3. Keluar dari kendaraan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait