facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bahaya! Jangan Asal Campur Zat Pembersih, Seorang Ibu Keracunan Usai Mencampur Asam Sitrat dengan Bahan Pemutih

Bella Senin, 24 Januari 2022 | 15:56 WIB

Bahaya! Jangan Asal Campur Zat Pembersih, Seorang Ibu Keracunan Usai Mencampur Asam Sitrat dengan Bahan Pemutih
Tangkapan layar unggahan netizen yang menceritakan hoax di tiktok dan whatsapp mengenai cleaning lifehack/twitter

Seorang ibu, dikabarkan mengalami keracunan usai mengikuti cara membersihkan perabotan yang didapatnya lewat pesan Whatsap (WA).

SuaraKalbar.id - Waspadalah saat mengikuti berbagai tips yang dibagikan lewat pesan berantai maupun media sosial, jika tidak berhati-hati, dapat berakibat fatal.

Seorang ibu, dikabarkan mengalami keracunan usai mengikuti cara membersihkan perabotan yang didapatnya lewat pesan Whatsap (WA).

"Nyokap gua barusan kena keracunan klorin karena "cleaning lifehack" berikut yg rame dishare di Whatsapp (WA), tolong kasitau ke orang tua yang main WA untuk JANGAN ASAL CAMPUR ZAT PEMBERSIH!!!" tulis akun twitter @gal_el, yang merupakan anak dari ibu tersebut.

Menurut penuturan sang anak, Ibunya mengalami keracunan klorin karena mencampur bahan kimia asam sitrat dengan pemutih pakaian.

Baca Juga: Wanita Ini Tak Doyan Makan Hingga Susah Tidur saat Naik Kapal, Penyebabnya Bikin Kapok

"Dalam kasus ini yang dicampur adalah asam sitrat (citric acid) dan b*yclin (bleach/pemutih) yang dapat bereaksi menghasilkan gas klorin (Cl2) yang sangat beracun," terangnya.

Bagaimana tidak, Ia menuturkan bahwa gas klorin yang dihasilkan merupakan senjata kimia yag digunakan dalam Perang Dunia I.

"Fyi, gas klorin ini dipakai jadi senjata kimia jaman Perang Dunia 1, jadi beneran lethal ya temen-temen, kalo menghirup cukup lama dan gak cepet ditangani bisa sangat berbahaya, bahkan mengakibatkan kematian," katanya.

Beruntung, dalam kasus ini korban segera menyadari ada yang tidak beres, sehingga segera menjauh dari tempat gas tersebut.

Meski begitu, menurutnya sang ibu tetap mengalami keracunan dan beberapa gejala seperti sakit tenggorokan, mual dan pusing.

Baca Juga: Ada NFT di Foto Profil Twitter, Picu Komentar Elon Musk

"Untungnya nyokap gua lgsg bad feeling begitu keluar gas yg nyegrak bgt dan beliau langsung lari keluar, tp bahkan eksposur cuma berapa detik aja sampe skrg beliau masih sakit tenggorokan, mual, dan pusing. Gak kebayang kalo gak langsung keluar ruangan gimana," tuturnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait