facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jembatan Putus di Desa Setya Jaya Kalbar, Aktivitas Warga Lumpuh Total

Denada S Putri Minggu, 08 Mei 2022 | 20:00 WIB

Jembatan Putus di Desa Setya Jaya Kalbar, Aktivitas Warga Lumpuh Total
Jembatan yang melintasi Sungai Teriak Lompor di Desa Setya Jaya akses menuju Desa Lulang. [SuaraKalbar.co.id]

Hari ini kami langsung perbaiki jembatan secara gotong royong dan ada sekitar 30 warga yang dilibatkan untuk bekerja, katanya.

SuaraKalbar.id - Jembatan yang melintasi Sungai Teriak Lompor di Desa Setya Jaya akses menuju Desa Lulang, Kecamatan Teriak Hanyut, lantaran hujan yang turun deras pada Jumat (6/5/2022) sekitar pukul 21.00 WIB.

“Ya benar, pagi-pagi kami bersama warga desa Lulang kaget, karena jembatan sudah putus dan hanyut terbawa banjir pada 6 Mei 2022 sekitar pukul 21.00 WIB,” ujar Kepala Desa Lulang Kecamatan Teriak Arkadius Daniel, melansir dari SuaraKalbar.co.id--Jaringan Suara.com, Minggu (8/5/2022).

Putusnya jembatan menyebabkan aktivitas lumpuh total menuju Desa Lulang, karena tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

“Hari ini kami langsung perbaiki jembatan secara gotong royong dan ada sekitar 30 warga yang dilibatkan untuk bekerja,” katanya.

Baca Juga: Banjir di Sanggau, Air Merendam Sejumlah Jalan di Wilayah Kecamatan Bonti

Untuk diketahui, Desa Lulang dimekarkan dari Desa Setya Jaya pada tahun 2004 dengan jumlah penduduk 70 Kepala Keluarga, selanjutnya saat ini penduduk Desa Lulang sudah berjumlah 175 KK atau hampir 700 jiwa dengan luas wilayah 14,2 Km2.

Jembatan Sungai Teriak Lompor ini dibangun sejak 1982, dan sepanjang usianya sudah dua kali rehab. Yakni, pertama direhab pada 2009 dan selanjutnya 2018, hingga karena sudah termakan usia pada Jumat 6 Mei 2022 sekitar pukul 21.00 Wib jembatan roboh karena banjir yang airnya begitu deras.

“Pada hari ini, jembatan sudah kami perbaiki secara swadaya dan tentunya bisa kembali dilewati oleh warga Desa Lulang," jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) S. Bowo Leksono mengatakan pihaknya mendapat laporan telah terjadi bencana alam berupa banjir pada Jumat (6/5/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan kronologis kejadian, kata Bowo Leksono, dikarenakan hujan lebat yang berintensitas tinggi sehingga menjadi banjir dan menghantam bahu kiri dan kanan Jembatan sehingga mengakibatkan robohnya jembatan yang menghubungkan Desa Setia Jaya dan Desa Lulang Kecamatan Teriak yang mengakibatkan putusnya transportasi masyarakat di kedua Desa tersebut.

Baca Juga: Ratusan Rumah Terendam dan Satu Jembatan Putus Diterjang Arus Banjir di Sanggau, Polisi Masih Mencari Informasi

“Dari kejadian ini tidak ada korban jiwa, dan tindakan sementara telah dilakukan kunjungan pengambilan data dan survey ke lokasi, saya bersama tim rehabilitasi dan rekonstruksi serta telah dilakukan kaji cepat untuk dilaporkan guna pengambilan tindakan lebih lanjut,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait