facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Hubungan Diplomatik dengan Cina Makin Erat, Bayi Panda Raksasa Ketiga yang Lahir di Malaysia Diberi Nama Sheng Yi

Bella Kamis, 26 Mei 2022 | 17:07 WIB

Ingin Hubungan Diplomatik dengan Cina Makin Erat, Bayi Panda Raksasa Ketiga yang Lahir di Malaysia Diberi Nama Sheng Yi
Saat upacara pemberian nama, Sheng Yi tampil di depan publik dan menikmati pesta bambu segar yang mewah. ANTARA/Xinhua).

Bayi panda raksasa ketiga yang lahir pada Mei tahun lalu di Malaysia secara resmi diberi nama Sheng Yi yang berarti "damai dan persahabatan".

SuaraKalbar.id - Bayi panda raksasa ketiga yang lahir pada Mei tahun lalu di Malaysia secara resmi diberi nama Sheng Yi yang berarti "damai dan persahabatan".

Menurut sebuah rilis pers Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Malaysia Takiyuddin Hassan, nama tersebut juga menunjukkan keinginan pemerintah Malaysia dalam memperkuat hubungan diplomatiknya dengan China.

"Pemerintah Malaysia berharap Sheng Yi dapat membantu memperkuat dan meningkatkan hubungan antara Malaysia dan China yang telah terjalin," kata Takiyuddin, Kamis.

Hal tersebut dikatakannya saat hadir dalam upacara pemberian nama tersebut bersama Duta Besar China untuk Malaysia Ouyang Yujing di Pusat Konservasi Panda Raksasa di Kebun Binatang Negara.

Baca Juga: Menlu Wang Yi: China Dukung Indonesia Jalankan Tugasnya sebagai Tuan Rumah KTT Bali

Kelahiran Sheng Yi berangkat dari kehadiran Xing Xing dan Liang Liang di Malaysia pada 2014 lalu.

Xing Xing dan Liang Liang melahirkan Nuan Nuan, bayi panda raksasa pertama yang lahir di Negeri Jiran, pada 18 Agustus 2015 dan Yi Yi, bayi panda raksasa kedua, pada 14 Januari 2018.

Namun Nuan Nuan dikembalikan ke China pada November 2017 setelah berusia dua tahun.

Sheng Yi, bayi panda menggemaskan yang gemar memanjat pohon itu menunjukkan kegembiraan dan ketertarikan yang besar pada spanduk yang bertuliskan namanya.

Sebagai bayi panda ketiga dari induk betina Liang Liang dan induk jantan Xing Xing, Sheng Yi lahir pada 31 Mei 2021, bertepatan dengan 47 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Malaysia.

Baca Juga: Pengembangan iPhone 14 Terganjal Lockdown di China

Dengan berat badan saat ini sekitar 27 kg dan kondisi fisik yang sehat, bayi panda raksasa itu mulai tampil di depan publik pada Desember 2021. Antara

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait