Dukung Esports di Lingkungan Kampus, Universitas Hadirkan Komunitas Tanjungpura Esports

Dalam dunia esports itu banyak hal-hal yang bisa bermanfaat buat mahasiswa dalam menjalani kehidupan akademik, salah satunya adalah merefreshkan pikiran terhadap ketegangan,"

Bella
Selasa, 07 Juni 2022 | 21:47 WIB
Dukung Esports di Lingkungan Kampus, Universitas Hadirkan Komunitas Tanjungpura Esports
Pembagian hadiah pemenang Mobile Legends Esports Competition 2022 saat malam penutupan dan pembubaran panitia Dies Natalis Universitas Tanjungpura ke-63. (Istimewa)

SuaraKalbar.id - Ada yang berbeda dari perayaan Dies Natalis Universitas Tanjungpura (Untan) ke-63, tahun ini, yaitu dengan hadirnya tournament Mobile Legends dengan nama “Mobile Legends Esports Competition 2022”.

Kegiatan tersebut berjalan selama 5 hari, mempertemukan 24 tim dari 15 Perguruan Tinggi se-Kalimantan dengan total hadiah sebesar Rp10 juta.

Rektor Untan, Prof. Dr. Garuda Wiko, menyatakan, pihak kampus memasukan agenda tournament esports sebagai bagian dari Dies Natalis karena esports dinilai tak hanya sekedar bermain game namun mampu melahirkan berbagai hal positif bagi mahasiswa.

“Kita melihat esports dapat menampung minat dan bakat bagi talent-talent terbaik di universitas dan ini juga positif, berbagai hal bisa dicapai dalam tournament ini terutama jiwa sportifitas, kreatifitas, melatih reflek dan sebagainya, saya kira sesuatu yang baik untuk ditampung mahasiswa,” ujar Garuda Wiko dalam rilis yang dihimpun, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga:Kemenparekraf dan Universitas Pelita Harapan Siap Bersinergi untuk Mendorong Pariwisata Berkelanjutan

Selain itu, Untan juga memiliki komunitas esports bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat yaitu Tanjungpura Esports yang sudah berdiri sejak bulan Maret 2020 lalu.

Saat ini, Tanjungpura Esports diketuai oleh seorang mahasiswa angkatan 2018 dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uray Angga Prayuda.

Menurut Uray, pembentukan komunitas tersebut sudah mengalami beberapa kali perubahan nama hingga akhirnya ditetapkan dengan nama Tanjungpura Esports.

“Sudah beberapa kali penggantian nama ya, pernah Team UNTAN, terus UNTAN Esports, lalu sekarang Tanjungpura Esports. Sejak awal dibentuk tujuannya memang untuk jadi komunitas yang bisa mewadahi teman-teman di Universitas Tanjungpura, dan sekarang syukurnya banyak mahasiswa yang tertarik," ungkapnya.

Hingga saat ini, Tanjungpura Esports memiliki 251 anggota, yang terdiri dari divisi ML dan UNTAN AXEL.

Baca Juga:Orasi Ilmiah di Hadapan Wisudawan Universitas Pancasila, Prabowo Subianto: Saya Tahu Kalian Sudah Resah

Uray juga menambahkan, Tanjungpura Esports tak hanya sebatas pada divisi Mobile Legends saja, namun juga ada pula divisi PUBGM (Player Unknown's Battleground Mobile) yang saat ini tengah diusahakan dapat aktif seperti divisi Mobile Legends.

Tanjungpura Esports dibina oleh salah satu dosen sekaligus kepala jurusan Rekayasa Sistem Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ikhwan Ruslianto.

Menurut Ikhwan sendiri, fungsi dari hadirnya Tanjungpura Esports agar dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang esports.

“Tanjungpura Esports merupakan wadah mahasiswa di untan untuk mengembangkan bakat dan potensi dibidang esports, selama ini banyak teman-teman mahasiswa yang memiliki atau sering main game, tetapi tidak dalam satu komunitas atau dalam sebuah wadah, nah hadirnya Tanjungpura Esports ini saya harap untan memfasilitasi mahasiswa yang memang memiliki bakat dan potensi besar di dunia esports,” ujar Ikhwan Ruslianto selaku pembina Tanjungpura Esports.

Ikhwan Ruslianto mengatakan, esports juga memiliki hal yang penting bagi mahasiswa dalam perkembangan softskill yang dapat berguna bagi akademik.

Dirinya mengungkapkan, Universitas Tanjungpura mendukung esports hadir di lingkungan kampus dan berharap Tanjungpura Esports dapat segera menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa untuk segala kelengkapan dari sisi fasilitas, pendanaan dan lainnya.

“Dalam dunia esports itu banyak hal-hal yang bisa bermanfaat buat mahasiswa dalam menjalani kehidupan akademik, salah satunya adalah merefreshkan pikiran terhadap ketegangan," terangnya.

Selain itu, menurut Ikhwan, mahasiswa bisa mengambil keputusan dalam bermain game itu akhirnya melatih diri mereka untuk melakukan kebiasaan yang nanti berdampak juga untuk hal akademik.

Iapun berharap, Tanjungpura Esports bisa menjadi UKM yang nanti di bawah struktur unit mahasiswa, dibawah WR 3 sehingga mendapat perhatian juga dari untan dari sisi fasilitas, struktur, pembiayaan dan lainnya.

"Sehingga diharapkan degan adanya tanjungpura esports ini dapat semakin berkembang dan tujuan semakin jelas karena memang ini merupakan wadah yang sangat berpotensi dan bisa membantu negara menemukan bibit-bibit unggul,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

News

Terkini