Pengamat Nilai Sikap Kapolri Tangani Kasus Brigadir J Sudah Tepat: Responsif, Transparan, dan Tegas

Sikap Kapolri sudah tepat. Selain responsif, transparan, dan tegas, beliau telah menegakkan hukum seadil-adilnya tanpa pandang bulu

Bella
Jum'at, 19 Agustus 2022 | 06:55 WIB
Pengamat Nilai Sikap Kapolri Tangani Kasus Brigadir J Sudah Tepat: Responsif, Transparan, dan Tegas
Pembunuhan Brigadir J. (Suara.com/ANTARA)

SuaraKalbar.id - Sikap Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam menangani kasus pembunuhan Brigadir J yang menyita perhatian publik dinilai sudah tepat.

Pengamat intelijen dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro menilai bahwa Kapolri bertindak responsif, transparan, dan tegas dalam menangani kasus tersebut.

"Sikap Kapolri sudah tepat. Selain responsif, transparan, dan tegas, beliau telah menegakkan hukum seadil-adilnya tanpa pandang bulu," ujar Ngasiman Djoyonegoro di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, sikap Kapolri tersebut penting di saat Indonesia sedang mempercepat pemulihan ekonomi pasca-pandemi COVID-19 dan agenda G20.

Baca Juga:Mahfud MD: Geng Sambo di Polri Coba Halangi Penyelidikan Kasus Pembunuhan Brigadir J

Ia berharap agar jangan sampai insiden penembakan tersebut menjadi liar dan menggangu jalannya pemulihan ekonomi serta stabilitas nasional.

"Di saat Indonesia sedang menggenjot pemulihan ekonomi pasca-pandemi, sikap Kapolri yang transparan dan tanpa pandang bulu dalam penegakan hukum punya nilai positif di mata publik. Marwah Korps Bhayangkara juga tetap terjaga," kata Simon, sapaan akrab Ngasiman Djoyonegoro.

Simon berpandangan, upaya Kapolri berkoordinasi dengan lembaga lain seperti Komnas HAM dalam penyelesaian kasus ini juga positif. Termasuk membentuk Tim Khusus (Timsus) soal kasus tersebut.

"Kita melihat Timsus yang dibentuk Kapolri telah berjalan maksimal, Korps Bhayangkara juga solid menjaga nama baik institusi. Ini semua tidak lepas dari kepemimpinan Kapolri yang tegas, transparan, dan mengayomi," kata Simon.

Selain terkait kasus Brigadir J, Simon juga menyoroti terkait isu perjudian yang menerpa oknum-oknum kepolisian.

Baca Juga:Pengacara Keluarga Brigadir J di Jambi Minta Utamakan Fokus Kasus Pembunuhan Berencana

Dirinya berharap berharap bahwa isu tersebut juga harus diusut tuntas. Siapapun yang terlibat harus ditindak tegas. Sebab, isu itu bisa membuat persepsi buruk terhadap Polri di masyarakat jika tidak segera disikapi.

News

Terkini

Kemarin sudah melapor karyawan dari Saudara R, kemudian kita sudah melakukan cek Tempat Kejadian Perkara (TKP), kemudian kita membuat laporan polisi

News | 19:06 WIB

Pada persidangan ini kami mengajak semua pihak dan publik untuk bisa mengawal bersama proses hukum ini

News | 18:55 WIB

Masalah sanksi bukan wewenang kami, kami hanya menginformasikan kepada masyarakat yang tidak menjadi bagian partai politik silahkan memberikan tanggapan masyarakat

News | 17:23 WIB

Sudah 5 tahun, tapi sampai sekarang belum ada perbaikan

News | 16:58 WIB

Sehingga di hari bersejarah ini, saya tetap menjalankan program-program kerakyatan dengan mengayomi para janda tua sehingga itu lebih bermakna

News | 16:47 WIB

Nanti akan dilakukan lagi manakala semua yang berkepentingan ini telah kita periksa

Lifestyle | 15:47 WIB

Saya pesan kepada pengacara untuk cari jalan terbaik demi masa depan anak-anak

News | 15:31 WIB

Kalo anak saya memang salah, kalo dia ngerusak, ngerusuh, saya gakpapa, beneran. Tapi posisi anak saya gak ngapa-ngapain. Saya yang menyesali itu

News | 14:55 WIB

Dah jelas tertulis ada prok bone kok di cap HALAL

News | 14:44 WIB

Untuk pemeriksaan saksi-saksi dari panitia pelaksana tentunya akan berlanjut sampai besok

News | 13:48 WIB

Diharapkan pemkab Sintang meningkatkan kesiapsiagaan bencana banjir dengan berbagai langkah pencegahan terutama daerah titik rawan banjir

News | 12:47 WIB

Terhadap yang lain, CP, IW, dan BW di Bareskrim Polri

News | 12:06 WIB

Ibu-ibu motornya mogok di jalan Tanjung Pura, terus di bantu bapak tentara, hingga motornya bisa nyala dan jalan lagi

News | 11:59 WIB

Tak lama kemudian, tampak Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi keluar dari ruang pemeriksaan kesehatan pukul 10.05 WIB menuju elevator Bareskrim Polri.

News | 11:32 WIB
Tampilkan lebih banyak