alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lebih dari Separuh Warga Kalbar Diduga Pernah Tertular Covid-19

Husna Rahmayunita Rabu, 25 November 2020 | 13:50 WIB

Lebih dari Separuh Warga Kalbar Diduga Pernah Tertular Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Suara.com/Eko Faizin)

"Saya berasumsi sekitar 60-70% masyarakat kita sudah tertular," kata Harisson.

SuaraKalbar.id - Kasus positif Covid-19 di Kalimantan Barat masih bertambah. Kekinian, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 didominasi oleh orang tanpa gejala (OTG) atau asimtomatik.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson berpendapat sebenarnya banyak warga yang sudah tertular Covid-19. Ia menduga lebih dari separuh warga Kalbar pernah tertular,

Harrison pun menyinggung soal herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Saya berasumsi sekitar 60-70% masyarakat kita sudah tertular. Sebenarnya ini mengarah ke arah herd immunitydimana secara teori bila 80-90% sudah tertular maka akan terjadi kekebalan pada populasi masyarakat," ujarnya seperti dikutip dari Suarakalbar.co.id -- jaringan Suara.com, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Seruan Penyelamatan Hutan Indonesia

Menurutnya apabila telah terjadi herd immunity maka jumlah kasus perlahan akan menurun.Selain itu, saat ini juga sebenarnya sudah mulai terjadi 'seleksi alam', di mana populasi atau kelompok rentan (karena usia atau karena komorbid) yang tubuhnya tidak dapat melawan virus ini maka mereka akan meninggal atau kasusnya menjadi fatal.

Sampel darah yang terindikasi positif virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)
Sampel darah yang terindikasi positif virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am.)

"Kita tidak boleh menyerah untuk membiarkan diri kita tertular virus ini, tetaplah terus menerapkan protokolkesehatan secara disiplin agar kita tidak tertular," pesan Harrison.

Lebih lanjut, Harisson mengungkapkan, walaupun masih berusia muda dan tidak ada komorbid belum tentu orang tersebut akan asimtomatik atau tidak ada gejala atau OTG lalu sembuh.

"Bisa saja kita rentan secara genetik, dimana sistem imun tubuh kita tidak mampu melawan virus ini sehingga kita menjadi sakit parah atau berakibat fatal," ujarnya memungkasi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kalimantan Barat Hari Ini, Sabtu 14 November 2020

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait