alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Tjhai Chui Mie, Wanita Tionghoa Pertama Jadi Wali Kota di Indonesia

Husna Rahmayunita Rabu, 03 Maret 2021 | 16:21 WIB

Profil Tjhai Chui Mie, Wanita Tionghoa Pertama Jadi Wali Kota di Indonesia
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (Suara.com/Ocsya Ade CP)

Begini cerita Tjhai Chui Mie terjun ke dunia politik.

SuaraKalbar.id - Sosok Tjhai Chui Mie kekinian menjabat sebagai Wali Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Profil Tjhai Chui Mie disorot.

Apalagi, Tjhai Chui Mie dinobatkan sebagai  wanita Tionghoa pertama jadi wali kota di Indonesia. 

Tjhai Chui Mie lahir Singkawang, 27 Februari 1972. Pada Desember 2017, dia bersama Irwan dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang periode 2017-2022.

Menjadi pemimpin, Tjhai Chui Mie dituntut harus mengukir prestasi. Tjhai Chui Mie sendiri terjun ke dunia politik untuk menghilangkan imej minoritas tidak bisa jadi pemimpin.

Baca Juga: Jarang Terlihat, Chu Nyuk Jan Ditemukan Tewas di Kamar Kos Singkawang

"Saya ingin membuktikan bahwa minoritas Tionghoa juga bisa memimpin tanpa harus melihat suku dan agama. Jadi itu yang saya lakukan, itu motivasi saya untuk masuk politik," ujarnya kepada SuaraKalbar.id, belum lama ini.

Sejak SMP, anak ketiga dari keempat bersaudara ini sudah aktif membantu ayahnya yang saat itu sebagai Ketua RT.

"Kita memang tinggal kawasan yang lebih banyak penduduk Tionghoa. Dalam mengurus dokumen kependudukan seperti akta kelahiran pada zaman dahulu sangat susah dan mahal dari yang lain. Ini menjadi tantangan untuk saya," jelasnya.

Setelah tamat SMA, ia suka kegiatan-kegiatan sosial. Kemudian pada 2004, ia sudah ikut dalam organisasi Hakka lalu, terjun ke politik dan bergabung ke Partai Indonesia Baru (PIB).

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (ANTARA/Rudi)
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (ANTARA/Rudi)

"Di partai ini, saya ikut berjuang. Saat itu sistem urut. Pas ada PAW (Pergantian Antar Waktu) saya masuk menjadi anggota DPRD, kurang lebih tujuh bulan," ceritanya.

Baca Juga: Cerita Petugas Buru 2 Harimau Lepas dari Sinka Zoo, 36 Jam Tak Tidur

Ia mengatakan, motivasinya terjun ke dunia politik adalah ingin menyampaikan bahwa setiap orang pasti punya kelebihan. Lalu setiap orang pasti bisa melakukan jika diberikan kesempatan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait