alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Singkawang, Kota di Kalbar Dipimpin Wanita Tionghoa Tjhai Chui Mie

Pebriansyah Ariefana Rabu, 03 Maret 2021 | 17:41 WIB

Profil Singkawang, Kota di Kalbar Dipimpin Wanita Tionghoa Tjhai Chui Mie
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie (Suara.com)

Asal-usul Singkawang awalnya merupakan sebuah desa bagian dari wilayah kesultanan Sambas, bernama Desa Singkawang.

SuaraKalbar.id - Profil Singkawang, Kota di Kalimantan Barat yang dipimpin wanita Tionghoa Tjhai Chui Mie. Singkawang adalah kabupaten di Kalimantan Barat.

Asal-usul Singkawang awalnya merupakan sebuah desa bagian dari wilayah kesultanan Sambas, bernama Desa Singkawang. Di sana tempat singgah para pedagang dan penambang emas dari Monterado.

Cerita ini dilansir situs resmi Pemkan Singkawang. Para penambang dan pedagang yang kebanyakan berasal dari negeri China, sebelum mereka menuju Monterado terlebih dahulu beristirahat di Singkawang, sedangkan para penambang emas di Monterado yang sudah lama sering beristirahat di Singkawang untuk melepas kepenatannya dan Singkawang juga sebagai tempat transit pengangkutan hasil tambang emas (serbuk emas).

Waktu itu, mereka (orang Tionghoa) menyebut Singkawang dengan kata San Keuw Jong (Bahasa Hakka), mereka berasumsi dari sisi geografis bahwa Singkawang yang berbatasan langsung dengan laut Natuna serta terdapat pegunungan dan sungai, dimana airnya mengalir dari pegunungan melalui sungai sampai ke muara laut.

Baca Juga: Profil Tjhai Chui Mie, Wanita Tionghoa Pertama Jadi Wali Kota di Indonesia

Melihat perkembangan Singkawang yang dinilai oleh mereka yang cukup menjanjikan, sehingga antara penambang tersebut beralih profesi ada yang menjadi petani dan pedagang di Singkawang yang pada akhirnya para penambang tersebut tinggal dan menetap di Singkawang.

Kota Singkawang semula merupakan bagian dan ibukota dari wilayah Kabupaten Sambas (UU Nomor 27 Tahun 1959) dengan status Kecamatan Singkawang dan pada tahun 1981 kota ini menjadi Kota Administratif Singkawang (PP Nomor 49 Tahun 1981).

Tujuan pembentukan Kota Administratif Singkawang adalah untuk meningkatkan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan secara berhasil guna dan berdaya guna dan merupakan sarana utama bagi pembinaan wilayah serta merupakan unsur pendorong yang kuat bagi usaha peningkatan laju pembangunan.

Selain pusat pemerintahan Kota Administratif Singkawang ibukota Sambas juga berkedudukan di Kota Singkawang.

Kota Singkawang pernah diusulkan menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Singkawang yaitu melalui usul pemekaran Kabupaten Sambas menjadi 3 (tiga) daerah otonom.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melandai, Singkawang Kembali Zona Kuning

Namun Kotamadya Daerah Tingkat II Singkawang tidak langsung direalisir oleh Pemerintah Pusat. Saat itu melalui UU Nomor 10 Tahun 1999, hanya pemekaran Pemerintahan Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkayang dari Kabupaten Sambas yang disetujui.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait