alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Permudah Akses di Perbatasan, Damri Bakal Buka Rute Pontianak-Aruk

Husna Rahmayunita Selasa, 20 April 2021 | 16:02 WIB

Permudah Akses di Perbatasan, Damri Bakal Buka Rute Pontianak-Aruk
Ilustrasi - Damri rute Pontianak-Aruk. [damri.co.id]

Pihak Damri menargetkan proyek rute baru di perbatasan ini bisa dibuka awal Mei 2021.

SuaraKalbar.id - Perum Damri bakal membuka rute baru di perbatasan RI-Malaysia. Rute yang dimaksud yakni rute Pontianak-Arak.

Damri tengah mengembangkan layanan di daerah perbatasan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dengan Sarawak, Malaysia. Rute Pontianak-Arak pun dibuka.

Pihak Damri menargetkan proyek rute baru di perbatasan ini bisa dibuka awal Mei 2021. Hal itu diungkapkan oleh General Manager Perum Damri Cabang Pontianak, Heri Indra Setiawan.

Ia menjelaskan untuk bus yang disediakan tahap awal yakni bus medium dengan jumlah 39 kursi.

Baca Juga: Sudah Tersedia Tempat Isolasi TKI di Perbatasan RI-Malaysia

Selanjutnya, pihaknya akan melihat dan tes pasar terlebih dahulu, jika penumpang ramai makan Damri akan menyediakan bus jenis lainnya.

“Jika permintaan tinggi tidak menutup kemungkinan bus lebih besar akan kita hadirkan ke Aruk tersebut," ujar Heri seperti dikutip dari Antara, Selasa (20/4/2021).

Ia mengatakan hadirnya layanan Damri hingga ke daerah perbatasan sebagai upaya mendukung koneksi antara daerah hingga ke beranda negeri.

Menurutnya daerah Aruk dan sekitarnya Temajuk merupakan kawasan strategis pengembangan pariwisata atau pembangunan nasional.

“Sejauh ini layanan bus yang standar belum ada dan kami siap mendukung. Apalagi hal ini sudah didukung penuh oleh Gubernur Kalbar sejak tahun lalu. Kemudian ini juga sejalan dengan Inpres Nomor 1 tahun 2021, tentang percepatan pembangunan ekonomi pada kawasan perbatasan negara di Aruk, Mootain dan Skouw. Kabupaten Sambas satu di antara daerah perbatasan,” katanya.

Baca Juga: Habiskan Rp 191 Miliar, Jalan di Perbatasan RI-Malaysia Mulai Dibangun

Damri juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas dan pihak PLBN Aruk. Semua siap bekerjasama dan mendukung agar mobilitas orang dan barang dari pusat kota provinsi hingga ke perbatasan terutama di Kabupaten Sambas lancar.

“Kembali, kita ingin mendukung akses transportasi di perbatasan lancar dan kita mendukung aktivitas berwisata di daerah perbatasan mudah. Kami juga siap menyediakan nanti dari Aruk ke Temajuk. Sehingga ini mendukung pengembangan pariwisata di daerah tersebut,” katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait