alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadi Favorit saat Ramadhan, Intip Proses Pembuatan Lemang Khas Pontianak

Husna Rahmayunita Rabu, 21 April 2021 | 14:00 WIB

Jadi Favorit saat Ramadhan, Intip Proses Pembuatan Lemang Khas Pontianak
Proses pembuatan lemang, makanan khas Pontianak. (Suara.com/Ocsya Ade CP)

Cara buat Lemang makanan khas Pontianak cuku simpel.

SuaraKalbar.id - Setiap bulan Ramadhan, penganan khas daerah mengisi etalase-etalase di pasar atau kantin juadah. Di Kota Pontianak, ada makanan khas yang difavoritkan warga, namanya lemang

Kali ini, Anda diajak melihat proses pembuatan Lemang makanan khas Pontianak  yang jadi incaran di bulan suci Ramadhan.

Lemang dibuat dari ketan yang biasa disebut pulut oleh warga Pontianak. Bahan dasar ini kemudian dicampur santan. Proses masaknya simpel yakni dengan memasukkan adonan ke dalam ruas bambu dan dibakar.

SuaraKalbar.id belum lama ini mencoba melihat proses pembuatan lemang khas keluarga Rabuansah, di rumahnya. Warga Jalan H Rais A Rahman, Gang Selamat Satu Dalam, Kecamatan Pontianak Kota ini merupakan salah satu pembuat lemang yang ada di Pontianak.

Baca Juga: Pindah Agama Kristen, Netizen Julid Salmafina Pernah Mau Pakai Cadar

Pria 50 tahunan ini mengatakan, dia harus dibantu keluarga untuk pembuatan lemang, karena banyak proses yang dilewati untuk menjadikan makanan unik ini.

"Proses produksi lemang cukup unik. Dimulai dari penyiapan beras ketan (pulut) yang sudah dicuci sebagai bahan baku utama," jelas lelaki yang akrab disapa Iwan ini.

Proses pembuatan lemang, makanan khas Pontianak. (Suara.com/Ocsya Ade CP)
Proses pembuatan lemang, makanan khas Pontianak. (Suara.com/Ocsya Ade CP)

Kemudian, menyiapkan bambu sebagai wadah untuk menampung adonan beras ketan. Bambu harus dipotong sesuai ruas lalu dicuci bersihkan. Jika tidak begitu, bisa menyebabkan miang atau gatal. Bambu juga harus khusus, tidak boleh asal-asalan atau tebal.

Untuk mendapatkan bambu yang pas, memiliki ruas kurang lebih 50 sentimeter dan diameter seperti kaleng susu, Iwan harus pergi ke daerah Ambawang, Segedong bahkan Bengkayang.

"Bambu pembuatan lemang ini merupakan bambu khusus dengan ruas yang panjang. Bambu ini kami beli dengan harga tujuh ribu rupiah per batang. Pembelian bahkan kita lakukan biasa dengan mobil truk," jelas Iwan.

Baca Juga: Dikirimi Makanan oleh Pacar via Ojol, Malah Menangis Kesal karena Ini

Ruas bambu yang sudah dipotong-potong, kemudian dibersihkan dilapisi dengan daun pisang. Proses yang paling rumit sepertinya ketika memasukan daun pisang ke dalam ruas bambu. Untuk orang awam, mungkin proses pada fase daun pisang ini perlu berkali-kali mencobanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait