alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berkah di Tengah Pandemi, Penjual di Kalbar Girang Mulai Banjir Durian

Husna Rahmayunita Rabu, 21 Juli 2021 | 11:16 WIB

Berkah di Tengah Pandemi, Penjual di Kalbar Girang Mulai Banjir Durian

Sejumlah tempat mulai menjajakkan durian.

SuaraKalbar.id - Di tengah situasi pandemi, ada berkah yang dirasakan petani dan penjual durian di Kalimantan Barat (Kalbar). Sebab, mereka mulai panen durian.

Penjual mengaku hasil panen durian di Kalbar lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Banyak tempat yang mulai menjual durian dengan harga yang bervariasi.

Kalbar sebagai salah satu bagian dari mega biodiversitas Indonesia dikarunia plasma nutfah tanaman durian yang sangat kaya dan beragam. Tanaman durian tersebut umumnya tumbuh di hutan maupun di kebun atuladang milik petani.

Dalam setahun, umumnyya terjadi dua kali musim buah durian di Kalbar yakni sekitar Juni-Juli dan Desember-Januari. Buah durian tersebut memberikan berkah tersendiri bagi pemiliknya sebab banyak peminatnya.

Baca Juga: Keluarga Pasien Menjerit, RSUD Putussibau Kehabisan Oksigen

Tanaman durian terbaik di Kalbar berada di Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Bengkayang berdasarkan hasil inventarisasi dan eksplorasi.

Tak ayal para penjual semringah bisa menjajakkan durian kepada pembeli. Menurut mereka ini menjadi berkah tersendiri.

"Alhamdulillah musim durian kali ini banyak dibandingkan musim lalu yang sepi. Ini menjadi berkah bagi petani atau pekebun durian dan kami para penjual," ujar Rony satu di antara penjual durian di Pontianak, Rabu.

Rony mengatakan durian yang dijual mulai dari Punggur Kabupaten Kubu Raya, dari Kabupaten Kayong Utara dan beberapa daerah lainnya.

"Dalam satu minggu ini durian mulai turun di kota provinsi Kalbar. Banjir durian saat ini," katanya.

Baca Juga: Tujuh Korban Kapal Tenggelam di Perairan Kalbar Berhasil Dievakuasi Tim SAR

Sementara itu, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Bader membenarkan musim buah kali ini, durian lebih banyak karena didukung cuaca.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait