alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pesona Bukit Jamur Bengkayang, Bak Negeri di Atas Awan

Husna Rahmayunita Senin, 26 Juli 2021 | 12:27 WIB

Pesona Bukit Jamur Bengkayang, Bak Negeri di Atas Awan
Bukit Jamur Bengkayang, Kalimantan Barat. (YouTube/Radiar Mulyana)

Bukit Jamur ini menjadi tempat paling tinggi di Kalimantan Barat.

SuaraKalbar.id - Bagi kamu yang menyukai tantangan, tak ada salahnya singgah di Bukit Jamur Bengkayang. Ini menjadi destinasi wisata alam di  Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Bukit Jamur Bengkayang terletak di Kelurahan Emas Jaku Malunu atau sekitara 6 km dari pusat kota. Estimasi waktu tempuh 1 hingga 2 jam dari Bengkayang. Kamu harus menyiapkan fisik yang bugar untuk memulai perjalanan ini ke salah satu wisata Bekayang tersebut.

Bukit Jamur menjadi tempat paling tinggi di Kalimantan Barat, dengan ketinggian kurang lebih 500 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncaknya dibutuhkan waktu hiking kurang lebih selama 2 jam.

Meskipun bukit namun medan yang dilalui untuk mencapai puncaknya hampir serupa ketika anda melakukan hiking di gunung, sesekali anda akan menemui batu-batu besar yang terdapat di pinggir jalan setapak atau track menuju puncak Bukit Jamur.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Ketapang, Pulau Sawi hingga Air Terjun Batu Arang

Selama pendakian kamu akan melalui 3 tempat peristirahatan atau 3 post, ketika anda telah mencapai di post ketiga, mulai terlihat puncak dari gunung-gunung yanda ada disekitar Bukit Jamur.

Bukit Jamur Bengkayang, Kalimantan Barat. (Instagram)
Bukit Jamur Bengkayang, Kalimantan Barat. (Instagram)

Setelah perjalanan yang cukup jauh serta medan yang berat, setibanya di puncak semua rasa lelah anda akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan bahkan di atas puncak tersebut anda akan membuat kamu merasa bak di negeri di atas awan.

Aktivitas lain yang dapat kamu lakukan ketika mendaki adalah mendirikan tenda dan berkemah semalaman untuk dapat menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit dari atas ketinggian 500 m dengan lanskap keindahan bukit-bukit kecil disekeliling Bukit Jamur.

Matahari yang menyeruak dibalik awan-awan tebal akan memberikan momen terindah selama perjalanan di Bukit Jamur, sedangkan pada malam hari kamu akan melihat lautan cahaya dari rumah-rumah penduduk yang berada di bawahnya.

Itulah pesona Bukit Jamur, salah satu wisata Bengkayang.

Baca Juga: Mempawah Magrove Park, Destinasi Ekowisata di Kalbar Wajib Dikunjungi

Kontributor : Kiki Oktaliani

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait