alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gegara Ternak Hamster, Pemuda Pontianak Raup Untung Puluhan Juta

Husna Rahmayunita Selasa, 27 Juli 2021 | 19:20 WIB

Gegara Ternak Hamster, Pemuda Pontianak Raup Untung Puluhan Juta
Ilustrasi ternak Hamster [shutterstock]

Usahanya tetap berjalan meski Pontianak tengah PPKM Level 4

SuaraKalbar.id - Pandemi nyatanya tak selamanya jadi ancaman. Seorang pemuda di Kota Pontianak, Kalimantan Barat mendapat berkah karena berhasil memanfaatkan peluang saat Covid-19 menyerang.

Dia meraup untung puluhan juta rupiah setiap bulan lewat usaha ternak hamster. Tak main-main hamster ternaknya tak hanya diburu warga lokal, tapi juga diorder hingga mancanegara.

Pemuda itu adalah Luqman, warga Kecamatan Pontianak Barat. Usahanya tetap jalan meski Pontianak tengah PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021.

"Di masa pandemi Covid-19 dan dengan diberlakukannya PPKM, omzet ternak hamster saya bisa mencapai sekitar Rp20 jutaan dalam sebulan," kata Luqman seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Izin Usaha Kafe Korban Pemukulan Satpol PP Gowa Dipertanyakan, Begini Respon Korban

Dia menjelaskan, di masa kondisi yang sulit seperti ini, permintaan Hamster untuk wilayah di sekitar Kalbar malah meningkat. Adapun harga jual hamster miliknya mulai dari Rp 25-100 ribuan per ekor.

"Jadi ada sisi positifnya juga dari dampak pandemi ini bagi usaha saya," sambungnya.

Ilustrasi Uang
Ilustrasi Uang

Hasil kerja kerasnya dalam mengembangbiakkan hamster, mendatangkan omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan. Sementara itu pangsa pasarnya saat ini juga telah menembus mancanegara, seperti Sarawak dan Brunai Darussalam.

"Kalau permintaan ternak Hamster saya dari Malaysia itu sekitar 1.000 ekor dalam satu bulannya, sehingga kalau untuk di masa ini, omzet masih bisa menembus angka Rp 20 juta per bulannya," ungkapnya.

Tak hanya menjual ternak Hamster, Luqman juga menjual berbagai jenis perlengkapan dan pernak-pernik untuk memelihara hewan nokturnal tersebut. Ini membuat usahanya makin berkembang.

Baca Juga: 12 Lagu Daerah Kalimantan Barat, Lengkap Beserta Liriknya

"Harga jual Hamster yang saya jual cukup terjangkau sehingga yang pesan melalui daring bisa pelanggan dari Sarawak, Brunai Darussalam, India, bahkan dari Amerika Serikat," ujarnya.

Baca Juga

Berita Terkait