alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Wajib Dicoba

Husna Rahmayunita Rabu, 28 Juli 2021 | 08:57 WIB

5 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Wajib Dicoba
Ilustrasi choipan, makanan khas Kalimantan Barat. (envato elements By iuliia_n)

Dari bubur pedas hingga lek tau suan, makanan khas Kalimantan Barat.

SuaraKalbar.id - Makanan khas Kalimantan Barat ada beragam. Setiap makanan khas daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing, termasuk di Kalimantan Barat (Kalbar).

Kuliner Kalimantan Barat memiliki cita rasa yang didominasi oleh bumbu khas daerah Kalimantan dan racikan bumbu yang berbeda. Makanan khas daerah ini memberikan keberagaman dalam kuliner Nusantara

Beragam cita rasa makanan khas daerah yang diberikan seperti gurih, asin, manis, atau pun bumbu rempah yang kuat dalam suatu masakan yang masing-masing memiliki penggemar.

Di Kalimantan Barat terkenal sejumalh kuliner enak. Makanan ini patut dicoba ketika kamu berada di Kalimantan Barat. 

Baca Juga: Serapan Anggaran Covid-19 di Kalbar Masih Rendah, Diduga Ini Penyebabnya

Berikut ini merupakan lima makanan khas Kalimantan Barat.

1. Bubur Pedas

Bubur pedas, makanan khas Kalimantan Barat. (Instagram)
Bubur pedas, makanan khas Kalimantan Barat. (Instagram)

Makanan khas pertama ini asalnya dari Kabupaten Sambas, bubur dengan beragam sayur mayur dengan cita rasa gurih yang siap menggetarkan lidah. Liburan ke Sambas tak lengkap rasanya jika melewatkan Bubur Pedas atau Bubbor Paddas.

Proses pengolahan bubur satu ini juga sedikit berbeda dengan bubur pada umumnya dimana , beras yang digunakan akan disangrai terlebih dahulu bersama parutan kelapa dan kemudian akan dihaluskan. Selain itu bubur pedas pada zaman dahulu diketahui sebagai makanan para raja-raja di Kalimantan. Wah, kapan lagi kan bisa mencicipi makanan raja

2. Mie Sagu

Baca Juga: 5 Kuliner Singkawang Paling Enak dan Legendaris

Sesuai dengan namanya, mie satu ini menggunakan sagu sebagai bahan baku mie-nya. Kalimantan Barat merupakan salah satu dari enam daerah yang lahannya banyak ditanami oleh tumbuhan sagu, sehingga hal ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk diolah ke dalam berbagai kuliner khas Kalimantan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait