alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Durian Unggulan Kalimantan Barat Dilelang, Harganya Fantastis

Husna Rahmayunita Rabu, 04 Agustus 2021 | 13:55 WIB

Durian Unggulan Kalimantan Barat Dilelang, Harganya Fantastis
Ilustrasi durian (Shutterstock).

Hasil lelang durian dibagikan kepada petani.

SuaraKalbar.id - Salah satu komidi unggulan Kalimantan Barat (Kalbar) adalah buah durian. Kualitas durian Kalbar tak hanya diakui secara lokal tetapi sudah sampai mancanegara.

Di tengah pandemi, impor durian dari Kalimantan Barat ke China berlangsung lancar. Setidaknya ada 53 ton yang dikirim setiap dua bulan sekali.

Diunggulkan, Kalbar memiliki acara menarik bagi pecinta durian bernama Festival Panen Raya Kabupaten Kayong Utara (KKU). Di tahun ini, festival tersebut digelar secara daring dan diisi dengan acara lelang durian.

Tak tanggung-tanggung, harga lelang durian lokal unggulan Kalbar terbilag tinggi. Terbukti hasil lelangnya mencari Rp 42 juta.

Baca Juga: Stok Vaksin Ditambah, Ini Lokasi Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di Kalbar

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kayong Utara Tasfirani menuturkan mekanisme lelang durian tersebut awalnya semua durian berkualitas baik dinilai, kemudian dilelang sesuai dengan hasil urutan kualitasnya.

"Durian kualitas terbaik dilelang dengan harga Rp500 per buah, kemudian diikuti oleh durian- durian lainnya, hingga durian kualitas standar dengan harga Rp6.250 per buah," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/8/2021).

Ia menjelaskan festival yang menjadi kegiatan tahunan tersebut harus dilakukan secara during mengingat kasus Covid-19 masih mengancam kabupaten termuda di Kalimantan Barat.

"Alhamdulillah, buah durian yang dilelang sekitar 6.500 buah dan telah habis terjual,"singkatnya

Adapun hasil lelang durian tersebut langsung dibagikan kepada para petani dengan harapan mampu memberikan stimulan di tengah pandemi

Baca Juga: Kabar Baik di Awal Agustus, Harga Sawit di Kalimantan Barat Menguat

"Di masa pandemi dan di saat menurunnya daya jual petani dan daya beli masyarakat, harapannya dapat menumbuhkan rasa empati dan berbagi kepada petani yg pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani durian," kata Tafsirani.

Baca Juga

Berita Terkait