alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Makin Berjaya, Puluhan Ton Pasta Durian Asal Kalbar Bakal Diekspor

Husna Rahmayunita Rabu, 11 Agustus 2021 | 17:20 WIB

Makin Berjaya, Puluhan Ton Pasta Durian Asal Kalbar Bakal Diekspor

Sutarmidji mengumumkan akan mengekspor sejumlah komoditi Kalbar beberapa hari lagi.

SuaraKalbar.id - Selain hasil alam yang melimpah, Kalimantan Barat (Kalbar) juga dikenal dengan komoditas andalan buah durian. Terbaru soal pasta durian.

Durian Kalbar telah menembus pasar mancanegara, salah satunya di China. Sekira 53 ton durian diekspor ke China setiap dua bulan sekali.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Florentinus Anum sempat menerangkan beberapa jenis durian lokal Kalbar sudah ditetapkan menjadi varietas unggul nasional oleh Menteri Pertanian.

Jenis durian tersebut seperti Durian Balening, Durian Jemungko Kuning, Durian Serumbut, Durian Slipi, Durian Tembaga berasal dari Kabupaten Sanggau, Durian Jarum Mas dari Kabupaten Kubu Raya, dan Durian Empakan dari Kapuas Hulu.

Baca Juga: Suami di Kalbar Sewa Pembunuh Bayaran Habisi Nyawa Selingkuhan Istri

Kekinian, tak hanya durian, pasta durian pun juga akan diekspor. Hal itu dikabarkan oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.

Lelang Durian (Antara)
Lelang Durian (Antara)

Sutarmidji mengumumkan akan mengekspor sejumlah komoditi Kalbar beberapa hari lagi. Tak tanggung-tanggung puluhan ton yang akan diekspor.

"Berita gembira, Sabtu ini saya akan melepas ekspor kelapa bulat, santan kelapa, kelapa parut kering, sarang walet dan yang menarik ada 26,5 ton pasta durian," tulis Sutarmidji.

Ia menerangkan pasta durian yang dimaksud yakni buah durian yang telah diolah terlebih dahulu di Kalbar.

"Jadi durian Kalbar diolah dulu baru diekspor. Jangan tebang pohon durian ye," sambungnya.

Baca Juga: Atap Rumahnya Bolong, Warganet Ini Kejatuhan Benda Tak Terduga

Selain mengabarkan barang ekspor, Sutarmidji juga mengumumkan kabar gembira lain di tengah penerapan PPKM level 3. Yakni penambahan orang sembuh dari Covid-19 yang menembus ratusan untuk hari ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait