alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Pontianak: Danau Laet, Telaga dengan Pulau Hutan Bakau untuk Pengunjung Milenial

RR Ukirsari Manggalani Selasa, 31 Agustus 2021 | 23:37 WIB

Wisata Pontianak: Danau Laet, Telaga dengan Pulau Hutan Bakau untuk Pengunjung Milenial
Danau Laet tempat wisata di Sanggau yang menawarkan beragam spot menarik untuk wisatawan milenial. Ada spot swa foto, wahana bermain air, home stay, menelusuri kebun bakau. (Foto FB Danau Laet)

Mulai legenda wadah nasi sampai tempat wisata kaum milenial membuat Danau Laet terasa istimewa.

SuaraKalbar.id - Telaga dengan permukaan bergelombang dimainkan angin terasa asri dipeluk kehijauan alam sekeliling. Jauh di tengah, terdapat gerumbul mangrove yang menandai adanya pulau kecil. Bisa dikunjungi via jembatan kayu. Itulah keelokan alam yang disuguhkan Danau Laet. Sekitar 80 km lepas Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat.

Dikutip dari Insidepontianak.com, jaringan SuaraKalbar.id, pengelola Danau Laet terasa lihai memoles kawasan sekitar menjadi eksotik. Konsepnya memanfaatkan nuansa alam dan infrastruktur pendukung dibubuhkan sehingga menghadirkan harmoni.

Contohnya gazebo, akses jembatan dari bahan bambu yang memanjang dan menjulur dari pintu masuk ke arah bibir danau, hingga sejumlah spot foto untuk mengakomodir kepentingan para tamu menemukan titik-titik Instagramable.

Contohnya spot foto berbentuk jantung hati, dan bintang dengan membelakangi Danau Laet, ornamen perahu yang terpajang di atas pohon bakau, hingga ayunan gantung.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Kalimantan Barat? Ini Lima Hidangan yang Pantang Terlewat

Pulau di tengah Danau Laet yang bisa ditempuh dengan jembatan dari kayu mengelilingi pulau [InsidePontianak.com].
Pulau di tengah Danau Laet yang bisa ditempuh dengan jembatan dari kayu mengelilingi pulau [InsidePontianak.com].

Selain berpotret, pengunjung bisa menikmati paket bermain wahana air. Mulai balon, sepeda engkol hingga bebek engkol.

Pengunjung cukup merogoh kocek Rp15 ribu, sudah bisa bermain di danau sekitar 20 menit. Pengunjung disilakan bermain seputar tepian danau.

Jika mau yang lebih, misalnya berkeinginan mengelilingi danau seluas 800 hektare ini, pengunjung bisa menyewa speed boat bermesin 12 PK. Tarifnya Rp150 ribu untuk kapasitas muatan perahu enam orang.

Tak kalah seru, tersedia wahana kemping atau camping ground. Bagi yang tidak membawa peralatan berkemah, seperti tenda, pengelola sudah menyediakan home stay, tepat di sebelah selatan pintu masuk danau. Dinding dan atap bangunan ini terbuat dari bambu. Sedangkan untuk lantai sudah dipoles semen.

Saat ini baru tersedia empat kamar dengan konsep kopel. Fasilitas yang disediakan pun masih terbatas. Masing-masing ukuran kamar seluas 4 X 4 m persegi itu dilengkapi tempat tidur dan kipas angin. Tarifnya Rp250 ribu per malam, termasuk hidangan nasi goreng dua kali.

Baca Juga: Bus Listrik MAB Karya Putra Bangsa, Diharapkan Bisa Mengilhami Anak Sekolah

Berbincang soal lokasi, Danau Laet berada di Desa Subah. Dari Jalan Trans-Kalimantan, masuk ke Desa Subah, lewat tikungan Kimleng, sekitar 83 km dari Kota Pontianak.

Baca Juga

Berita Terkait