alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

HUT ke-250 Pontianak, Wali Kota Ungkap PR-nya

Rizki Nurmansyah Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:36 WIB

HUT ke-250 Pontianak, Wali Kota Ungkap PR-nya
Wali Kota Pontianak Edi Kamtono meresmikan Taman Teras Parit Nanas [Ist/Insidepontianak.com].

Masih suasana pandemi COVID-19, peringatan HUT ke-250 Pontianak diselenggarakan secara sederhana.

SuaraKalbar.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan memasuki usia ke-250 tahun Kota Pontianak, pemerintah kota terus berbenah mulai dari sisi infrastruktur, pertumbuhan ekonomi hingga persoalan penduduk, guna perkembangan dan kemajuan di ibu kota Provinsi Kalimantan Barat tersebut.

"Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat juga diiringi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, hal itu dibuktikan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pontianak tahun 2020 yang menyentuh angka 79,44 atau tertinggi se-Kalimantan Barat," kata Edi Rusdi Kamtono dalam sambutan Peringatan HUT ke-250 Pontianak, Sabtu (23/10/2021).

Edi menyebutkan, ada dua sektor yang menjadi prioritas untuk mempertahankan dan meningkatkan IPM di Kota Pontianak, yakni sektor pendidikan dan kesehatan.

Pemkot Pontianak terus berupaya memaksimalkan kedua bidang tersebut dalam meningkatkan IPM dan menjadikan sektor kesehatan dan pendidikan sebagai prioritas.

Baca Juga: Kasus Pinjol Ilegal di Pontianak, Polda Kalbar Tetapkan Dua Tersangka

Dia menambahkan, kualitas SDM ditentukan oleh dua sektor tersebut. Pontianak meraih IPM tertinggi di Kalbar karena dari sisi harapan lama sekolah tertinggi yakni 15 tahun.

"Dengan kondisi IPM Kota Pontianak yang terus naik dari tahun ke tahun, dapat diartikan bahwa pembangunan manusia di Kota Pontianak cenderung semakin baik," ujarnya lagi.

Edi mengatakan, terus berupaya mendongkrak IPM hingga beberapa tahun ke depan dan tidak kalah pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, sehingga pertumbuhan ekonomi juga meningkat dan angka pengangguran bisa ditekan.

Namun begitu, Edi menyatakan masih ada beberapa permasalahan kota yang menjadi pekerjaan rumah seiring dengan bertambahnya penduduk Kota Pontianak yang saat ini sudah tercatat 670.859 jiwa.

Permasalahan tersebut tidak bisa dituntaskan dalam tempo setahun atau dua tahun, dan tidak hanya oleh pemerintah saja, melainkan harus semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, provinsi dan warga Kota Pontianak juga harus mendukungnya.

Baca Juga: Kepergok Pacarnya Lagi Selingkuh di Kontrakan, Pria Ini Tinju Kekasihnya Hingga Lebam

Selain di sektor peningkatan SDM, Edi Rusdi Kamtono juga berkomitmen untuk memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH) termasuk ruang publik ditargetkan akan ditambah sebanyak 10 titik hingga tahun 2025.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait