alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keraton Kerajaan Tayan Siap Jadi Tempat Pengungisan Korban Banjir di Sanggau

Chandra Iswinarno Minggu, 07 November 2021 | 16:25 WIB

Keraton Kerajaan Tayan Siap Jadi Tempat Pengungisan Korban Banjir di Sanggau
Polres Sanggau mengecek dan evakuasi warga terdampak banjir di tepian Sungai Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalbar. [ANTARA/HO-Humas Polres Sanggau]

Banjir parah yang terjadi di Kabupaten Sanggau membuat pihak Keraton Pakunegara Tayan bersiap, jika sewaktu-waktu dijadikan sebagai tempat pengungsian warga.

SuaraKalbar.id - Banjir parah yang terjadi di Kabupaten Sanggau membuat pihak Keraton Pakunegara Tayan bersiap, jika sewaktu-waktu dijadikan sebagai tempat pengungsian warga.

Pernyataan tersebut disampaikan Raja Tayan Gusti Yusri pada Minggu (7/11/2021). Meski begitu, dia menjelaskan, saat ini Keraton Pakunegara Tayan masih dijadikan sebagai posko untuk penyaluran bantuan korban banjir.

"Untuk saat ini kita sifatnya menerima penyaluran bantuan. Tapi kalau kondisi darurat, kita akan siapkan keraton sebagai tempat pengungsian dan dapur umum," kata Raja Tayan Gusti Yusri, Minggu (7/11/2021).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, tercatat sebanyak 6.286 KK terdampak banjir di enam kecamatan, dengan total sebanyak 22.490 jiwa.

Baca Juga: Setelah 4 Hari Mengungsi, Seluruh Korban Banjir Bandang Kota Batu Akhirnya Pulang

Tak sedikit rumah warga yang terendam banjir, sehingga penghuni memilih mengungsi di posko yang telah disiapkan pemerintah.

"Saat ini, keraton sudah dijadikan sebagai posko bantuan yang akan kami salurkan kepada korban banjir Sanggau. Khususnya di wilayah Kerajaan Tayan yang mencakupi Tayan, Meliau, Toba, Balai, dan Tayan Hulu," jelasnya.

Raja Tayan mengatakan, inisiatif ini sebagai wujud kepedulian pihak kerajaan kepada masyarakat.

Selain menghimpun bantuan dari berbagai elemen, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama menghimpun bantuan kemanusiaan dalam bentuk apapun.

"Mari kita bahu membahu membantu dan menyalurkan bantuan ke warga terdampak banjir," ajaknya.

Baca Juga: Hujan Angin Disertai Petir Landa Bekasi dan Sekitarnya, Ruas Jalan Tergenang Banjir

Ia mengatakan berbagai bentuk kepedulian yang ditunjukkan oleh masyarakat sangat berarti bagi pemulihan korban yang terdampak banjir. Menurutnya, dalam bencana seperti ini, ikatan rakyat Bumi Daranante harus kuat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait