facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Antisipasi Banjir, Masyarakat Jalan Hamid Matali Sengkawang Gotong Royong Bersih-bersih Aliran Sungai

Denada S Putri Minggu, 16 Januari 2022 | 19:18 WIB

Antisipasi Banjir, Masyarakat Jalan Hamid Matali Sengkawang Gotong Royong Bersih-bersih Aliran Sungai
Babinsa Koramil 1202-08 Singkawang Selatan Praka Iman Hambali saat membersihkan aliran sungai di Jalan Hamid Matali. [SuaraKalbar.co.id]

Kegiatan tersebut untuk memperlancar saluran air yang tersumbat ketika curah hujan."

SuaraKalbar.id - Untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir, kegiatan pembersihan aliran di sepanjang sungai yang berada di kawasan Jalan Hamid Matali, RT 05/RW 03, Kelurahan Setapuk Kecil, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, dilakukan.

Bersama masyarakat, Babinsa Koramil 1202-08/Singkawang Selatan, Praka Iman Hambali terjun langsung dan berbaur dengan masyarakat.

“Kegiatan tersebut untuk memperlancar saluran air yang tersumbat ketika curah hujan, sehingga dapat mencegah terjadinya banjir dan kerja bakti dilakukan karena sudah banyak tumpukan tanah disaluran air, dikhawatirkan terjadi penyumbatan pada saluran tersebut yang bisa menyebabkan banjir pada musim penghujan,” ujarnya, melansir dari SuaraKalbar.co.id--Jaringan Suara.com, Minggu (16/1/2022).

Dalam kesempatan tersebut Praka Imam Hambali mengimbau dan mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Katanya, minimal tidak membuang sampah di sekitar sungai maupun saluran irigasi yang dapat mengganggu kelancaran aliran air.

Baca Juga: Viral! Personel Polres Singkawang Berbahasa Tionghoa, Ternyata Ini Alasan Bripka Mernawati Gunakan Bahasa Khek

“Bukan hanya jalan dan lingkungan, sungai juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di sungai seperti ini, terlebih apabila terjadi banjir dan genangan air, dapat dijadikan sarang nyamuk. Oleh karena itu saya berharap warga tidak lagi membuang sampah ke sungai,” tegasnya.

Ia menjelaskan dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan aliran sungai di Jalan Hamid Matali dari berbagai kotoran atau sampah dan ranting yang mengganggu, diharapkan air mengalir dengan lancar di wilayah tersebut.

"Sehingga terhindar dari banjir dan sungai juga terus terjaga kebersihannya," tandasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait