Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kail Tersangkut, Pemancing Syok Dapat Benda Misterius Wujud Semar Mesem

Husna Rahmayunita Senin, 28 September 2020 | 14:44 WIB

Kail Tersangkut, Pemancing Syok Dapat Benda Misterius Wujud Semar Mesem
ILUSTRASI - Warga memancing di Bendungan Karet atau Dam Karet (Rubber Dam), Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (13/6). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Mulyadi lantas membagikan penemuan benda misterius itu di akun Facebook pribadinya

SuaraKalbar.id - Dua orang warga menemukan benda misterius saat memancing udang di Sungai Mempawah. Minggu (27/9/2020). Benda itu diklaim mirip semar mesem.

Kedua pemancing itu adalah Mulyadi (41) dan Zaidi (24), warga BTN Nusa Permai Blok D.13, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Di kalangan masyarakat Jawa Kuno, semar mesem dipercaya sebagai jimat yang bisa membawa keberuntungan dan ajian penghasilan bagi pemiliknya. Wujudnya berbahan logam atau kuningan seperti keris tapi ukurannya melebar.

Dikutip dari Suarakalbar.co.id (jaringan Suara.com) Senin (28/9), Mulyadi menceritakan kronologi dirinya menemukan benda mirip semar mesem tersebut.

Ia mengatakan penemuan itu berawal saat dirinya dan Zaldi memancing udang di Taman Bestari Mempawah, persis di barau tepian jalan sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat tarikan pertama dan kedua, Mulyadi berhasil mendapatkan udang. Namun saat pancing dilempar kembali, tak lama ada tarikan cukup kuat dari sungai. Ia mengira itu adalah seekor ikan.

“Begitu pancing saya tarik, terjadi perlawanan di dalam air. Saya yakin ini ikan. Tali terus bergerak dan akhirnya membelit pancing Zaldi yang duduknya di sebelah saya. Tali pancing kami kemudian tersimpul," bebernya.

Pemancing di Mempawah temukan benda misterius mirip semar mesem. (dok. suarakalbar.co.id)
Pemancing di Mempawah temukan benda misterius mirip semar mesem. (dok. suarakalbar.co.id)

Merasa penasaran, Mulyadi terus menarik pancingnya meski benda yang tersangkut di kailnya terus memberikan perlawanan.

Setelah berhasil, ia dan Zaidi pun syok ternyata benda tersebut bukan ikan melainkan semar mesem. Benda itu terbungkus dalam selembar kain berwarna kuning.

“Saat saya buka, ternyata isinya seperti sebilah keris. Ada pemancing lain yang berada di tak jauh dari kami, lantas datang mendekat. Pemancing asal pulau Jawa itu mengatakan bahwa yang kami dapat bukan lah keris, tapi semar Mesem," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait