alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengupil Memang Enak, tapi Bisa Memudahkan Virus atau Kuman Masuk Tubuh

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah Rabu, 30 Desember 2020 | 17:50 WIB

Mengupil Memang Enak, tapi Bisa Memudahkan Virus atau Kuman Masuk Tubuh
Ilustrasi mengupil. (Shutterstock)

Lendir yang mengering di dalam hidung disebut sebagai kerak, dan inilah yang diambil oleh kebanyakan orang saat mengupil.

SuaraKalbar.id - Meski terlihat sepele, mengupil ternyata dapat berdampak serius. Mengupil membuat seseorang menyalurkan kuman di ujung jarinya ke hidung, serta menyebarkan bakteri atau virusnya ke segala sesuatu yang mereka sentuh sesudahnya.

Hidung merupakan salah satu dari tiga cara utama virus masuk ke tubuh, setelah melalui mata dan mulut.

Lendir yang mengering di dalam hidung disebut sebagai kerak, dan inilah yang diambil oleh kebanyakan orang saat mengupil.

Padahal, mengupil dapat membuat luka kecil pada lapisan epitel yang sangat halus di rongga hidung. Inilah pintu masuk virus untuk menginfeksi tubuh.

Baca Juga: Kondisi Ini Bisa Tingkatkan Risiko Perempuan Alami Infeksi Jamur Vagina

"Begitu penghalang (epitel) dicabut, kulit Anda langsung membuka lapisan kapiler, yang menjadi saluran untuk infeksi partikel virus," jelas ahli virologi molekuler Cedric Buckley, dilansir CNN.

Bahaya anak makan upil, bisa sebabkan infeksi dan pendarahan. (Shutterstock)
Ilustrasi mengupil (Shutterstock)

Buckley mengatakan cara terbaik untuk menghilangkan kerak atau ingus adalah dengan meniup hidung ke tisu dan langsung mencuci tangan sesudahnya, bukan dengan mengupil.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan neti pot. Ini adalah alat berbentuk teko kecil yang digunakan untuk mengaliri hidung dengan membilas rongga hidung menggunakan larutan garam.

"Ingat, kerak adalah ingus yang mengering. Jika kau membasahinya kembali, kau bisa mengeluarkannya atau ingus menjadi keluar sendiri," sambungnya.

Ia mengingatkan untuk tidak berbagi neti pot dengan orang lain, bahkan pasangan sendiri. Wadah tersebut juga harus tetap bersih.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Afsel Catat 1 Juta Kasus Infeksi, Karena Mutasi?

"Ujungnya dibersihkan secara teratur sehingga kuman tidak masuk ke hidung dari penggunaan sebelumnya. Pastikan untuk menggunakan air yang sudah disterilkan," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait