alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perbedaan Kuntilanak Vs Tiyanak, Versi Urban Legend Pontianak dan Filipina

Husna Rahmayunita Senin, 31 Mei 2021 | 08:00 WIB

Perbedaan Kuntilanak Vs Tiyanak, Versi Urban Legend Pontianak dan Filipina
Ilustrasi Kuntilanak dan Tiyanak [shutterstock]

Masyarakat Indonesia dengan kuntilanak.

SuaraKalbar.id - Perbedaan Kuntilanak dan Tiyanak, urban legend populer dari dua daerah berbeda. Kuntilanak versi urban legend Pontianak, Tiyanak dari Filipina.

Masyarakat Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara tidak asing lagi dengan kuntilanak. Bahkan, jadi urban legend atau mitos yang sering disangkutpautkan dengan misteri.

Saking termasyurnya, beberapa kali hantu ini diangkat menjadi film horor beberapa kali.  Salah satu yang paling populer adalah Kuntilanak garapan Rizal Mantovani.

Lalu, dari mana kuntilanak dikenal?

Baca Juga: Terungkap, Mitos dan Fakta Rumah Bingung, Urban Legend di Tangsel

Beberapa negara di Asia Tenggara menyebut kuntilanak dengan sebutan pontianak dan puntianak atau 'perempuan mati beranak'.

Namun, di samping itu, cerita mengenai hantu dengan ciri khas rambut panjang dan baju putih ini tidak bisa dilepaskan dari asal usul Pontianak.

Dikisahkan, Syarif Abdurrahman sering diganggu kuntilanak ketika ia menyusuri Sungai Kapuas.

ILUSTRASI kuntilanak
Ilustrasi -  kuntilanak

Untuk menghalaunya, konon ia menembakkan meriam. Tempat jatuhnya meriam itu pun ia yakini sebagai tempat terbaik untuk mendirikan kasultanan.

Dalam cerita urban Indonesia, kuntilanak sering kali digambarkan sebagai wanita berbaju putih dengan rambut panjang menjuntai ke bawah. Suara tawanya menjadi ciri khas dan ditakuti oleh banyak orang.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Pontianak Paling Hits, Wajib Dikunjungi Para Pelancong

Selain kuntilanak, di negara Asia lain juga dikenal hantu urban legend yang disebut tiyanak. Menurut mitologi Filipina, tiyanak digambarkan sebagai bayi vampir.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait