alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Komoditi Unggulan Kalbar Diekspor, dari Tanaman Hias hingga Pasta Durian

Husna Rahmayunita Minggu, 15 Agustus 2021 | 14:25 WIB

Komoditi Unggulan Kalbar Diekspor, dari Tanaman Hias hingga Pasta Durian
Ilustrasi tanaman hias (Pexels.com)

Tak tanggung-tanggung nilai ekspor komoditi unggulan Kalbar mencapai Rp 194,31 miliar.

SuaraKalbar.id - Provinsi Kalimantan Barat mengekspor sejumlah komoditi unggulan. Total ada 10 komoditi unggulan Kalbar yang diekspor.

Salah satunya tanaman hias. Selain itu ada komiditas lain yang juga dilepas ke luar negeri.

Tak tanggung-tanggung nilai ekspor komoditi unggulan Kalbar mencapai Rp 194,31 miliar.

Hal itu diumumkan dalam pelepasan Merdeka Ekspor komoditi Kalbar yang dilakukan Presiden Jokowi secara virtual, Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga: Kapuas Hulu Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka Dengan Prokes

Dalam acara yang berlangsung di Pelabuhan Dwikora tersebut, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menjelaskan kalau komoditi Kalbar yang diekspor berupa kebanyakan produk pertanian dan perkebunan.

"Kita berharap, sektor pertanian dan perkebunan ini menjadi sektor andalan Kalbar, menjadi penyumbang kesejahteraan masyarakat," ujarnya kemarin.

Mengutip insidepontianak.com, 10 komoditi ekspor yang dilepas, terdiri dari tiga sektor yaitu Hortikultural, Perkebunan dan Peternakan.

Untuk sektor hortikultural terdiri dari tanaman hias sebanyak 1000 batang dengan negara tujuan USA dan Hongkong, pasta durian sebanyak 26,500 kilogra ke China.

Sementara, untuk sektor perkebunan yakni kelapa bulat 1.132 kilogram, dan 52 ribu kilogram kelapa parut kering tujuan Pakistan dan Italia.

Baca Juga: Kota Pontianak Gelar Upacara HUT ke-76 RI Secara Virtual

Selanjutnya, Palm Kernel Expeller sebanyak 2.2 juta kilogram tujuan Vietnam, Santan Kelapa sebanyak 53 ribu kilogram tujuan China.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait