facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Teras Parit Nanas, Wisata Baru di Pontianak Berkonsep Waterfront

Husna Rahmayunita Minggu, 22 Agustus 2021 | 12:18 WIB

Teras Parit Nanas, Wisata Baru di Pontianak Berkonsep Waterfront
Teras Parit Nanas, Pontianak, Kalimantan Barat. (Antara/HO)

Dari taman ini masyarakat Pontianak dapat menikmati pemandangan sungai dari sisi utara.

SuaraKalbar.id - Teras Parit Nanas. destinasi wisata baru di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Teras Parit Nanas mengusung konsep waterfront di tepian sungai Landak.

Pengembangan destinasi wisata ini merupakan dari Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) milik pemerintah kota Pontianak yang sekaligus berfungsi sebagai tempat wisata dan jadi nilai tambah sekaligus mengurangi kawasan kumuh  di Kota Khatulistiwa.

Taman ini terletak di kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, yang berlokasi di tepian sungai Landak persis di bawah jembatan Landak.

Pembangunan dari Taman Teras Parit Nanas ini menelan anggaran sekitar Rp 17 miliar bersumber dari APBN, pembangunan dan penataan ini merupakan bagian dari penataan waterfront di Pontianak Utara.

Baca Juga: Kakak Polisikan Adik karena Gadaikan Sepeda Motor Rp 3,5 Juta

Dari taman ini masyarakat Pontianak dapat menikmati pemandangan sungai dari sisi utara dan indahnya panorama matahari terbenam di sore hari . Dengan adanya waterfront ini juga menambah daftar tempat wisata yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Pontianak.

Sedangkan pada malam hari di Teras Parit Nanas ini juga cukup ramai, dengan pemandangan lampu-lampu kota. Terlebih lagi untuk menikmati kawasan ini masyarakat tak perlu membayar satu rupiah pun alias gratis, sehingga dalam hal ini pemerintah kota juga mengharapkan masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga kebersihan tempat wisata dan fasilitas publik yang telah dibangun.

Fungsi Waterfront

Sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Barat, tentunya kota Pontianak memiliki jumlah penduduk yang tinggi juga. Perkembangan ini menyebabkan terjadinya perubahan terhadap struktur kota, yang dapat mengarah ke kemerosotan suatu lingkungan pemukiman.

Berdasarkan Breen dalam Soesanti (2010:116), berdasarkan fungsinya waterfront dibedakan menjadi empat jenis yaitu

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Pontianak Hari Ini, Rabu 18 Agustus 2021

  1. Mixed-used waterfront merupakan sebuah kombinasi waterfront yang terdiri dari area perumahan, perkantoran, restoran, pasar, rumah sakit dan tempat-tempat kebudayaan.
  2. Recreational waterfront merupakan sebuah kawasan waterfront yang menyediakan sarana dan prasarana untuk kegiatan rekreasi, seperti taman, arena bermain, tempat pemancingan dan fasilitas untuk kapal pesiar.
  3. Residental waterfront merupakan sebuah kawasan perumahan, hotel, apartemen dan lain sebagainya yang dibangun di tepi perairan.
  4. Working waterfront merupakan sebuah tempat untuk industri nelayan, kegiatan komersial, reparasi kapal pesiar, industri dan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelabuhan.

Konsep Penataan Area Waterfront Taman Parit Nanas

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait