alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penumpang Lion Air Tujuan Pontianak Meninggal Setelah Pingsan di Kabin

Husna Rahmayunita Kamis, 26 Agustus 2021 | 18:37 WIB

Penumpang Lion Air Tujuan Pontianak Meninggal Setelah Pingsan di Kabin
Pesawat Lion Air [suara.com/Dian Kusumo Hapsari]

Videonya sempat viral di media sosial.

SuaraKalbar.id - Pria berinisial S, seorang penumpang Lion Air meninggal dunia sebelum terbang ke Pontianak, Kalimantan Barat.

S pingsan saat berada di kabin ketika hendak lepas landas ke Bandara Supadio, Pontianak. Videonya penumpang Lion Air pingsan sempat viral di media sosial.

Pria itu menumpang pesawat Lion Air nomor penerbangan JT-718 rute Jakarta-Supadio, pada Rabu (28/8/2021). Setelah pingsan, S dikabarkan meninggal dunia.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro membenarkan kejadian penumpang meninggal.

Baca Juga: Daftar Lokasi Vaksin Covid-19 di Pontianak Lengkap, Beserta Jadwalnya

Ia membeberkan awalnya pesawat sudah berada di posisi landas parkir pada pukul 16.30 WIB.

amun, awak kabin mendapatkan informasi ada salah satu penumpang laki-laki berinisial S yang duduk di nomor 29A membutuhkan pertolongan medis.

Selanjutnya, pimpinan awak kabin bersama kru kabin lainnya menghampiri langsung guna mengetahui kondisi aktual penumpang.

"Setelah mendapatkan keterangan detail dan pengamatan, SFA segera melakukan pengumuman (announcement) apakah dalam penerbangan terdapat profesi dokter atau tenaga medis," ujar Danang dalam keterangannya, Kamis (26/8/2021).

Kemudian, lanjut Danang, Lion Air berkoordinasi dengan petugas layanan darat bersama tim medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan guna penanganan penumpang S dengan kondisi menurut tim medis tidak sadarkan diri di kabin pesawat saat di darat.

Baca Juga: PPKM Level 3, Sekolah Tatap Muka di Pontianak Berlanjut

Menurut prosedur kerja penanganan penumpang, awak kabin segera menjalankan melalui tindakan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) atau dikenal resusitasi jantung paru.

Hal ini sebagai upaya pertolongan medis untuk mengembalikan kemampuan bernapas dan sirkulasi darah dalam tubuh.

Awak kabin juga memberikan POB (tabung oksigen portabel) dengan tindakan melonggarkan pakaian yang mengikat, membersihkan wajah penumpang, menyandarkan kursi serta memasangkan masker oksigen.

Penumpang inisial S kemudian dirujuk dan dibawa menuju rumah sakit terdekat guna penanganan medis lebih lanjut.

"Namun, Lion Air mendapatkan informasi dari pihak tim medis, bahwa penumpang inisial S meninggal dunia pada pukul 17.40 WIB," pungkas Danang.

(Achmad Fauzi)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait