alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dorong Pemulihan Ekonomi di Daerah, Kubu Raya Bersinergi dengan BI Kalbar Kembangkan Rumah Produksi Gula Semut

Bella Kamis, 13 Januari 2022 | 22:59 WIB

Dorong Pemulihan Ekonomi di Daerah, Kubu Raya Bersinergi dengan BI Kalbar Kembangkan Rumah Produksi Gula Semut
Kepala KPW BI Kalbar (kiri) bersama Bupati Kubu Raya dan Ketua TP PKK Kubu Raya (kanan) saat melihat produk jadi gula semut hasil olahan petani di Desa Kubu, Kamis (13/1/2022). (ANTARA/Dedi)

Gula semut diharapkan dapat menjadi alternatif gula pasir sehingga dapat mengurangi ketergantunagn terhadap impor gula pasir.

SuaraKalbar.id - Melalui program bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), BI Kalimantan Barat memberikan bantuan rumah produksi gula semut kepada Kelompok Tani (Poktan) Sumber Makmur sebagai upaya pengembangan masyarakat dan pemulihan ekonomi daerah.

Menurut Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, upaya pengembangan gula semut perlu dilakukan. Gula semut diharapkan dapat menjadi alternatif gula pasir sehingga dapat mengurangi ketergantunagn terhadap impor gula pasir.

"Penyaluran PSBI rumah produksi kepada Poktan Sumber Makmur merupakan juga tindak lanjut dari kesepakatan pada rapat tingkat atas Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Kubu Raya yang dipimpin oleh Bupati Kubu Raya, yaitu perlunya upaya pengembangan gula semut sebagai alternatif gula pasir dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap impor gula pasir." Tutur Muda dilansir dari Antara-jaringan suara.com.

Agus Chusaini, Kepala KPW BI Kalbar mengungkapkan komitmen BI Kalbar untuk terus bersinergi bersama pemerintah untuk memajukan masyarakat melalui program-program yang ada. Penyaluran bantuan rumah gula semut ini menjadi bukti dari komitmen tersebut.

Baca Juga: Sebanyak 322 Siswa di Melawi Ikut Vaksin Merdeka, 3 Sepeda Disiapkan untuk Doorprize

"BI Kalbar terus berkomitmen berjalan dan melangkah bersama dengan pemerintah daerah baik provinsi maupun Kabupaten/Kota di Kalbar untuk memajukan masyarakat melalui sinergi berbagai program pengembangan masyarakat di Kalbar termasuk di Kabupaten Kubu Raya.” ujar Chusaini saat peresmian di Kubu, Kamis (13/01).

Salah satu penerima manfaat bantuan rumah produksi gula semut, Nyoto mengungkapkan, dirinya sangat senang mendapatkan bantuan tersebut. Terlebih bantuan rumah produksi gula semut dirasa sesuai dengan apa yang dibutuhkan olehnya.

"Untuk gula semut ini dalam hal produksi tentu butuh tempat khusus dan bersih. Adanya rumah produksi tentu tepat sekali. Apalagi untuk mengurus perizinan produk dalam hal tempat yang bersih menjadi penting," ungkap Nyoto.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait