facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Raja Ke-8 Kerajaan Kubu Dinobatkan, Ia adalah Syarif Ibrahim Bin Nyoh Alaydrus

Denada S Putri Minggu, 26 Juni 2022 | 21:00 WIB

Raja Ke-8 Kerajaan Kubu Dinobatkan, Ia adalah Syarif Ibrahim Bin Nyoh Alaydrus
Proses penobatan raja kubu ke delapan Syarif Ibrahim Bin Nyoh Alaydrus. [SuaraKalbar.co.id]

Dalam proses penobatan Raja Kubu ini juga dibacakan naskah penobatan oleh Datok Mukti Syarif Kamaruzzaman dan pemasangan jubah kerajaan, tuturnya.

SuaraKalbar.id - Syarif Ibrahim bin Nyoh Alaydrus dinobatkan menjadi raja kedelapan Kubu. Gelar yang dinobatkan untuknya ialah Yang Dipertuan Agung Raja Kubu.

Penobatan itu dilakukan pada kegiatan Haul Akbar Kerajaan Kubu. Hal itu disampaikan Ketua Majelis Kerajaan Kubu Syarif Umar bin Usman Alaydrus.

“Keluarga besar Kerajaan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menggelar Haul Akbar ke-234 Raja pertama Kubu Sayyid Idrus bin Abdurrahman Alaydrus di Desa Kubu, Kecamatan Kubu, yang juga dirangkaikan dengan kegiatan penobatan raja kedelapan Kubu,” katanya, dikutip dari SuaraKalbar.co.id--Jaringan Suara.com, Minggu (26/6/2022).

Ia menjelaskan, penobatan Raja Kubu itu dipimpin oleh Datok Mukti Syarif Kamaruzzaman dan disaksikan tujuh anggota Majelis Kerajaan Kubu.

Baca Juga: Terjadi Lagi! Ponton Tabrak Rumah Warga Kubu Raya Hingga Dapur Rusak Parah

“Dalam proses penobatan Raja Kubu ini juga dibacakan naskah penobatan oleh Datok Mukti Syarif Kamaruzzaman dan pemasangan jubah kerajaan,” tuturnya.

Setelah dinobatkan menjadi Raja Kubu, Syarif Ibrahim bin Nyoh Alaydrus mengajak seluruh masyarakat dan duriyat, atau keturunan Syarif Idrus bin Abdurrahman Alaydrus, bersama-sama dengan setulus hati dan ikhlas untuk mengangkat muruah Kerajaan Kubu secara utuh, tegak dan kokoh.

“Mari kita membudayakan dan menjunjung tinggi nilai adat istiadat, tradisi dan budaya sebagai kearifan lokal nilai leluhur kepribadian daerah,” jelasnya.

Ia juga mengajak keluarga besar Sayyid Idrus bin Abdurrahman Alaydrus untuk bersama-sama menyatukan keberagaman. Demi mewujudkan keutuhan dan ketentraman dalam kehidupan masyarakat.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Kerajaan Kubu yang telah banyak membantu dan berkontribusi, sehingga pelaksanaan penobatan Kerajaan Kubu ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan suskes,” katanya.

Baca Juga: Akibat Kabut Tebal, Tongkang Membawa Bauksit Tabrak Tugboat di Sukalanting, Kondisi Dermaga Rusak Parah

Ia mengatakan, Kerajaan Kubu juga menjadi bagian terbentuknya Kabupaten Kubu Raya pada 2007 lalu sebagai kabupaten ke-12 dan termuda di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait