Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mencicipi Bubor Paddas Pa' Ngah, Kuliner Hits Pontianak Bikin Ngiler

Husna Rahmayunita Minggu, 25 Oktober 2020 | 07:30 WIB

Mencicipi Bubor Paddas Pa' Ngah, Kuliner Hits Pontianak Bikin Ngiler
Bubor paddas Pa' Ngah, kuliner hits Pontianak. (Suara.com/Eko Susanto)

Bubor paddas bukan berati pedas loh.

SuaraKalbar.id - Kuliner Kalimantan Barat tak bisa diragukan lagi kelezatannya. Salah satunya sajian khas Sambas, Bubor Paddas Pa' Ngah yang hits di Pontianak.

Bubor Paddas Pa' Ngah familiar di kalangan pecinta kuliner Kota Pontianak. Warungnya berlokasi di Jalan Kom. Yos Soedarso, Pontianak, Kalimantan Barat.

Lantas apa istimewanya?

Sepintas dari namanya, bubor paddas dibayangkan sebagai sajian berbentuk bubur dengan citarasa pedas. Tapi nyatanya bukan seperti itu.

Nama paddas digunakan karena dalam sajian kuliner ini terdiri dari berbagai maca sayuran mulai dari kecambah, kacang-kacangan, jagung dan bumbu pelengkap lainnya. Agar menambah cita rasa yang enak, beberapa potongan daging turut ditambahkan.

"Makanan ini dari beras dioseng, kemudian dipisah kelapa pun dioseng terus dilah dengan bumbu dapur lainnya," kata ujar Ari Juliati, karyawan di Bubor Paddas Pa' Ngah kepada SuaraKalbar.id, Sabtu (24/10/2020).

Ari Juliati, saat menghidangkan bubor Paddas di Warung Pa' Ngah. (Suara.com/Eko Susanto)
Ari Juliati, saat menghidangkan bubor Paddas di Warung Pa' Ngah. (Suara.com/Eko Susanto)

Supaya menambah cita rasa, bubor paddas tersebut ditambah dengan daun kesum agar aroma bubur tersebut semakin wangi dan siap untuk dihidangkan. Perlu diketahui, daun kesum ini hanya ada di Kalbar.

"Terutama harus ada daun kesum nya, yang membuat baunya wangi," ungkapnya.

Ari bercerita, bubor paddas ini tak hanya terima oleh selera masyarakat Kalbar. Wisatawan dari luar kota, turis hingga sejumlah artis pernah menyantap bubur asli Sambas ini

"Alhamdulilah ramai peminat nya di Pontianak, karena makanan ini kan asli dari Pontianak. Bahkan Sering juga artis datang kesini untuk mencicipinya ada juga turis asing pernah datang sebelum pandemi Covid-19, kata enak," ceritanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait