alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Asal Usul Warga Pontianak dan Sejarah Tionghoa di Kota Khatulistiwa

Husna Rahmayunita Jum'at, 28 Mei 2021 | 07:27 WIB

Asal Usul Warga Pontianak dan Sejarah Tionghoa di Kota Khatulistiwa
Ilustrasi - warga Tionghoa di Pontianak. (12/2/2021). (Suara.com/Ocsya Ade CP)

Sejarah Kota Pontianak tak lepas dari kedatangan warga Tionghoa.

SuaraKalbar.id - Asal usul warga Pontianak, Kalimantan Barat. Sejarah Kota Pontianak yang berjuluk Kota Khatulistiwa tak lepas dari kedatangan warga Tionghoa atau China.

Kota Pontianak merupakan ibu kota Kalimantan Barat. Pontianak jadi salah kota terkenal di Indonesia.

Secara geografis, kota ini dilalui oleh dua sungai terbesar di Pulau Kalimantan, yakni Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai ini pun diabadikan sebagai lambang Kota Pontianak.

Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman pada 23 Oktober 1771. Pendirian ini ditandai dengan pembukaan hutan di persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar.

Baca Juga: Asal Usul Singkawang, Kota Subur Bernama San Keuw Jong, Kental dengan Budaya China

Selain itu, juga ditandai dengan berdirinya berbagai balai dan rumah permukiman. Beberapa tahun setelah itu, Syarif pun membangun masjid yang dikenal sebagai Masjid Jami untuk menandai kekuasaannya.

Namun, seorang sejarawan, V.J. Verth dalam bukunya Borneos Wester Afdeling, mencatat sejarah yang berbeda. Menurutnya, Belanda masuk ke Pontianak pada tahun 1194 dari Batavia.

Syarif Abdurrahman, putra ulama Syarief Husein bin Ahmed Alqadrie, meninggalkan kerajaan Mempawah dan merantau sampai ke Banjarmasin. Di sana, ia menikah dengan adik sultan Banjar Sunan Nata Alam dan dilantik sebagai pangeran.

Pemugaran Tugu Khatulistiwa Pontianak terkendala anggaran karena COVID-19. (Antara)
Pemugaran Tugu Khatulistiwa Pontianak terkendala anggaran karena COVID-19. (Antara)

Dia pun berhasil mempersenjatai kapal pencalang dan perahu lancang untuk melawan Belanda. Dengan bantuan Sultan Pasir, Syarif Abdurrahman berhasil membajak kapal Belanda dan menjadi kaya. Setelah itu, mereka mendirikan permukiman.

Sejarah warga Tionghoa di Kota Khatulistiwa

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Li Ziqi, Youtuber Peraih Rekor, Dikritik Gegara Kimchi

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Mary Somers Heidhues dalam bukunya Penabang Emas, Petani dan Pedagang di “Distrik Tionghoa” Kalimantan Barat, orang-orang Tiongkok telah menyebar ke Malaka dan Nusantara sejak abad ke-3. Ini menjadi asal usul Pontianak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait