alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Air Terjun di Bengkayang, Tak Kalah Eksotis dari Niagara

Husna Rahmayunita Senin, 26 Juli 2021 | 13:12 WIB

5 Air Terjun di Bengkayang, Tak Kalah Eksotis dari Niagara
Air Terjun Riam Marum, wisata Bengkayang, Kalimantan Barat. (YouTube/Djelajah Borneo)

Di Bengkayang terdapat beragam wisata air terjun atau riam yang perlu kamu kunjungi

SuaraKalbar.id - Air terjun di Bengkayang, Kalimantan Barat indah dan eksotis. Wisata alam air terjun bahkan tak kalah dari Niagara.

Kabupaten Bengkayang memiliki tanah yang subur dengan kontur beragam, relief yang beragam dari pegunungan hingga daerah pesisir pantai menjadikannya kaya akan keanekaragaman sumber daya alam.

Hal ini juga memberikan potensi wisata alam di wilayah Bengkayang. Salah satu wisata alam yang ada di Bengkayang adalah wisata air terjun.  Di sini terdapat beragam wisata air terjun atau riam yang perlu kamu kunjungi.

Berikut 5 air terjun di Bengkayang cocok untuk dikunjungi.

Baca Juga: Warga Serahkan Senpi Rakitan Kepada Satgas Pamtas

1. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap, wisata Bengkayang, Kalimantan Barat. (YouTube/Wang Borneo)
Air Terjun Riam Merasap, wisata Bengkayang, Kalimantan Barat. (YouTube/Wang Borneo)

Perjalanan dari Kota Bengkayang menuju Riam Merasap yang terletak di Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang ditempuh menggunakan kendaraan roda dua memakan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Sedangkan dari kota Pontianak terletak sejauh 300 km. 

Riam Merasap sekilas mengingatkan kita dengan air terjun Niagara di Amerika Serikat. Riam Merasap memiliki ketinggian 20 meter dan lebar 8 meter dengan curahan airnya yang terbentang seperti tirai. Dari pintu masuk wisata alam Riam Merasap anda perlu berjalan ke bawah melalui tangga-tangga yang telah dibuat oleh pihak pengelola untuk mencapai air terjun ini. 

Arus dibawah curahan riam Merasap cukup deras, namun masih tergolong aman untuk berenang. Selain itu juga bebatuan yang terdapat di sekitar air terjun ini cukup besar sehingga perlu berjalan hati-hati.

Jam operasional Riam Merasap dibuka pada pukul 08.00 WIB dan tutup pikul 16.30  dan buka setiap hari, untuk masuk ke tempat wisata ini kamu cukup membayar area parkir dengan tiket sebesar Rp 10.000.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Ketapang, Pulau Sawi hingga Air Terjun Batu Arang

2. Air Terjun Riam Berawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait