Indeks Terpopuler News Lifestyle

Wali Kota Pontianak Imbau Aparat Kecamatan Awasi Orang Asing

Husna Rahmayunita Rabu, 16 September 2020 | 16:44 WIB

Wali Kota Pontianak Imbau Aparat Kecamatan Awasi Orang Asing
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. (dok.suarakalbar.co.id)

Imbauan tersebut menyusul dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) .

SuaraKalbar.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengimbau agar aparat mengawasi kedatangan orang asing di wilayahnya.

Imbauan tersebut menyusul dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak.

Edi menyambut baik pembentukan Tim PORA tersebut dan menyampaikan harapannya.

"Tim PORA ini terbentuk untuk mengawasi dan mendata orang asing yang berada di Kota Pontianak,” ujarnya usai rapat koordinasi pembentukan Tim PORA seperti dikutip dari Kalbarupdates.com, Rabu (16/9/2020).

Bukan tanpa sebab, menurut Edi, ada berbagai macam tujuan orang asing yang masuk ke Pontianak mulai berwisata, bekerja, mengunjungi keluarga, dan sebagainya.

Namun tidak menutup kemungkinan masuknya orang asing secara ilegal ke Kota Pontianak dikarenakan kemudahan akses yang ada.

Ia menegaskan, Pontianak secara geografis sangat terbuka dan bisa diakses melalui udara, laut, dan darat sehingga mobilitasnya mudah untuk keluar masuk Kota Pontianak.

“Untuk itu perlu adanya pengawasan dari Tim PORA yang terbentuk,” ungkap Edi.

Selain mengawasi, Tim PORA juga memonitor aktivitas orang asing mulai dari tujuan kedatangannya, berapa lama berada di Pontianak, izin kerja kalau dia bekerja dan sebagainya.

Tim PORA yang terdiri dari unsur Imigrasi, pemerintah daerah, TNI/Polri dan Forkopimda saling berkoordinasi dalam rangka pengawasan orang asing.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait