facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Tempat Wisata di Sintang, Eksotis Tapi Jarang Diketahui

Husna Rahmayunita Minggu, 22 Agustus 2021 | 11:29 WIB

6 Tempat Wisata di Sintang, Eksotis Tapi Jarang Diketahui
Goa Maria Bukit Kelam, wisata Sintang. (YouTube/Kayong TV)

Ada banyak tempat wisata alam yang ditawarkan di daerah Sintang.

SuaraKalbar.id - Tempat wisata Sintang, rekomendasi destinasi di Kalimantan Barat. Tempat wisata di Sintang ada beragam jenis, mulai dari wisata alam hingga wisata rohani.

Kabupaten Sintang merupakan kabupaten terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Barat, setelah Kabupaten Ketapang. Sebagian besar daerah ini merupakan wilayah perbukitan, luasnya kabupaten ini memiliki potensi alam yang cukup besar pula.

Ada banyak tempat wisata alam yang ditawarkan di daerah Sintang, SuaraKalbar.id, telah merangkum beberapa daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada disana

1. Taman Nasional Bukit Baka

Baca Juga: Pembunuh Satu Keluarga di Sintang Ditangkap, Ini Tampangnya

Taman nasional Bukit Baka, Bukit Raya Kalimantan, wisata Sintang. (bukitbakabukitraya.org)
Taman nasional Bukit Baka, Bukit Raya Kalimantan, wisata Sintang. (bukitbakabukitraya.org)

Taman Nasional Bukit Baka atau TNBBR terletak di Jalan DR. Wahidin Sudirohusodo No.75 Sintang, Kalimantan Barat. TNBBR merupakan penggabungan dari dua kawasan cagar alam yaitu Cagar Alam Bukit Baka dan Cagar Alam Bukit Raya.

Berkunjung ke taman nasional satu ini selain menenangkan jiwa tetapi juga kamu dapat ilmu baru dengan melihat keberagaman makhluk hidup lain secara lebih dekat, dan belajar untuk lebih mencintai serta menjaga alam.

Ada banyak air terjun di kawasan taman nasional yang dapat kamu jelajahi satu per satu, kamu juga dapat melakukan beragam kegiatan seperti melakukan pendakian bukit Raya melalui dua jalur, arum jeram, berkemah, wisata air panas, wisata pendakian, wisata canopy trail , TNBBR juga menyuguhkan 7 Wonders of Berkarya, seperti 7 wonders of fauna yang menampilkan tujuh fauna khas daerah Kalimantan Barat.

2. Bukit Kelam

 Bukit Kelam, bongkahan batu raksasa di Kalimantan. (Wikimedia Commons)
Bukit Kelam, wisata Sintang. (Wikimedia Commons)

Taman wisata alam bukit Kelam menyuguhkan panorama khas perbukitan ditambah dengan air terjun , gua alam yang menjadi sarang para kelelawar, serta tebing terjal sekitar 1.002 meter. Di Sekitar bukit Kelam terlihat hamparan sawah yang ketika musim panen datang warnanya sungguh cantik, sangat cocok dijadikan latar fotomu.

Baca Juga: Banjir Sintang Rendam 4 Kecamatan, Tinggi Air Capai 2 Meter

Di sini merupakan tempat hidup tumbuhan endemik seperti kantong semar yang kini terancam punah. Bukit Kelam merupakan salah satu formasi batu monolit terbesar dn tertinggi di dunia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait