alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Negara Anut Ideologi Komunis, Ada 2 Dekat Indonesia

Pebriansyah Ariefana Kamis, 30 September 2021 | 12:41 WIB

5 Negara Anut Ideologi Komunis, Ada 2 Dekat Indonesia
Partai Komunis China. (BBC Indonesia)

Dua negara di antaranya dekat dengan Indonesia, Laos dan Vietnam.

SuaraKalbar.id - Di dunia hingga kini masih ada 5 negara yang anut ideologi komunis. Dua negara di antaranya dekat dengan Indonesia, Laos dan Vietnam.

Komunisme adalah paham politik dan ekonomi yang menghapus kepemilikan pribadi. Sementara negara menguasai alat-alat produksi dalam upaya menciptakan kesetaraan ekonomi dan mengakhiri eksploitasi pekerja.

Selama beberapa dekade setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat dan Uni Soviet, dua negara adidaya global yang mewakili kapitalisme dan komunisme, masing-masing terlibat dalam Perang Dingin karena mencari keunggulan dalam ekonomi dan militer.

Uni Soviet menyebarkan komunisme di sebagian besar Eropa Timur, termasuk dalam pembentukan negara sosialis Jerman Timur.

Baca Juga: Ajak Warga Nobar Film G30S/PKI, PA 212: Waspada! PKI Bisa Mati Tapi Komunis Selalu Hidup

Sementara Amerika berusaha sekuat tenaga melakukan apapun demi mencegah komunisme berkembang dan menyebar luas. Namun pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an, komunisme runtuh.

Banyak yang menyebut, peristiwa runtuhnya komunisme, sejalan dengan bubarnya Uni Soviet dan dihancurkannya Tembok Berlin di era-era tersebut.

Sejak saat itu, jumlah negara yang menganut paham komunis terus berkurang, karena makin banyak negara yang mengadopsi pasar bebas.

Berikut 5 negara anut idologi komunis hingga kini:

Kuba

Baca Juga: Asal Usul Palu Arit Jadi Lambang PKI Partai Komunis Indonesia

Melansir Fox News, Kamis 30 September 2021, kontrol negara atas ekonomi hampir membuat pemerintah Kuba bangkrut. Negara yang beribukota di Havana ini menduduki peringkat di antara yang terendah dari semua negara di Amerika Selatan dan Amerika Utara dalam hal kebebasan ekonomi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait