facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ami Sahid, Penjual Kaset Pita di Pontianak yang Masih Eksis di Era Digital

Bella Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:22 WIB

Ami Sahid, Penjual Kaset Pita di Pontianak yang Masih Eksis di Era Digital
Ami Sahid, salah satu penjual kaset pita jadul di bilangan jalan Tanjung Pura, Pontianak, Kalimantan Barat memperlihatkan sejumlah kaset yang dijajakinya sejak 30 tahun yang lalu. Hingga kini masih banyak yang berburu lagu-lagu beken di zamannya untuk didengar kembali. Otomatis bisnis penjualan kaset jadul masih bisa eksis. [Suara.com/Diko Eno]

Kasetnya ada yang dari 80an, 70an. 1 kaset harganya 10 ribu saya jual

SuaraKalbar.id - Lantunan lagu jadul terdengar di salah satu sudut ruko pasar tengah di bilangan jalan Tanjung Pura, Pontianak, Kalimantan Barat.

Lokasi ini merupakan surga bagi para penikmat musik sekaligus pecinta kaset pita yang ingin bernostalgia dengan 'era lama'.

Sejumlah lemari menampung ribuan kaset-kaset pita yang siap dijual. Lagu- lagu tembang tempo dulu menghiasi sekian ribu kaset-kaset itu, sebut saja lagu dari A Rafiq salah satunya.

Di era digital sekarang ini, rupanya pamor dari kaset pita tak memudar. Hal ini dibuktikan dari sejumlah toko yang masih eksis menjual kaset tempo dulu di Pontianak.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Salah satunya adalah Ami Sahid yang mulai berjualan sejak 1992 hingga kini.

"Berjualan sudah sejak 30 tahun yang lalu. Awalnya barang-barang kuno, saya coba juga jualan kaset-kaset pita ternyata banyak peminatnya," katanya kepada Suara.com, Sabtu (25/06/2022).

Bagi anak 80an pasti tidak asing dengan kaset pita yang biasa diputar menggunakan perangkat radio tape. Hal yang masih familiar di ingatan yakni memutar pita kaset secara manual dengan jari maupun pulpen untuk mengembalikan ke awal lagu.

"Kasetnya ada yang dari 80an, 70an. 1 kaset harganya 10 ribu saya jual," katanya.

Koleksi album yang ia jajakan didominasi oleh album dari lagu-lagu Indonesia tahun 1970an. Namun, ia tak menyangkal jika yang paling banyak diburu pun berasal dari barat.

Baca Juga: aespa Dikonfirmasi Akan Tampil di Acara 'Jimmy Kimmel Live!' dalam Waktu Dekat

"Dari indonesia, seperti Koes Plus, A Rafiq, Oma Irama masih orkes melayu, sama beberapa lagu orkes melayu. Kalau untuk lagu barat ada juga, biasa anak-anak muda yang cari lagu itu untuk jadi koleksi," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait