alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wali Kota Tjhai Chui Mie Bongkar Resep Singkawang Jadi Kota Paling Toleran

Husna Rahmayunita Rabu, 03 Maret 2021 | 19:46 WIB

Wali Kota Tjhai Chui Mie Bongkar Resep Singkawang Jadi Kota Paling Toleran
Kelenteng tua yang berdekatan dengan masjid, lambangkan keharmonisan Kota Singkawang, Kalbar . (Suara.com/Ocsya Ade CP)

Kota Singkawang adalah miniatur Indonesia

SuaraKalbar.id - Kota Singkawang, Kalimantan Barat kembali mendapat predikat kota paling toleran di Indonesia tahun 2020 versi Setara. Singkawang berada di urutan kedua menyusul Salatiga.

Ini bukan kali pertama, Singkawang dinilai sebagai kota paling toleran versi Setara Institute yang  bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri RI dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Predikat itu sempat disandang pada 2018.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie patut berbangga atas prestasi yang kedua kalinya ini. Menurut dia, kota yang dipimpin dari dulunya memang sudah aman dan selalu mengedepankan rasa toleransi.

"Kota Singkawang dari dulu paling aman, dengan visi Singkawang Hebat yaitu salah satunya harmonis. Itu selalu kita sampaikan kepada masyarakat bahwa harmonis dan toleransi adalah kunci utama kemajuan daerah," kata dia kepada SuaraKalbar.id, belum lama ini.

Baca Juga: Singkawang Termasuk Kota Paling Toleran, Ini Kata Wali Kota Tjhai Chui Mie

Ia mengatakan, jika orang mendengar kata toleran maka akan mudah berinvestasi karena aman. Jika tidak toleran maka tidak aman lalu akan berdampak pada investasi.

"Ini yang selalu dan setiap hari saya sampaikan dalam kesempatan apapun," ujarnya.

Ia mencontohkan, ketika terpilih menjadi Wali Kota yang saat itu berdekatan dengan hari raya Idul Fitri, Tjhai Chui Mie membuat Ramadan Fair, Pasar Juadah di Kota Singkawang.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (Suara.com/Ocsya Ade CP)
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (Suara.com/Ocsya Ade CP)

"Ini sebelum-sebelumnya belum ada. Sebelumnya hanya ada perayaan Imlek dan Cap Go Meh," katanya.

Lalu, sambung dia, pada Desember selalu ada Singkawang Christmas Day. Pihaknya menghias untuk perayaan Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Asal Usul Perayaan Cap Go Meh dan Fakta Uniknya

"Kita ingin menunjukkan kepada semua bahwa kita menyatakan toleransi bukan sekedar perkataan tapi langsung aksi. Kita melibatkan seluruh paguyuban yang ada di Kota Singkawang," tegasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait